Kamis, November 28, 2024

Pungli di Pelabuhan Bisa Lapor KPK Melalui Jaga.id

Jakarta, TrijayaNews.id – Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) meluncurkan kanal Jaga Pelabuhan yang merupakan kolaborasi dengan Jaga.ID. Jaga Pelabuhan diperuntukkan menerima dan menampung keluhan masyarakat.

Platform ini juga dapat menampung keluhan pengguna jasa pelabuhan terkait tindakan yang diindikasikan sebagai tindakan korupsi, seperti pungutan liar (pungli). Keluhan dapat segera dilaporkan oleh pengguna jasa lewat Jaga.ID untuk ditindaklanjuti pihak terkait.

“Jaga.id ini pada hari ini launching untuk menerima dan menampung keluhan-keluhan tentunya, dan harapannya terus memperbarui komitmen-komitmen kita perbaiki layanan,” ujar Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Kanal Jaga Pelabuhan di Jaga.ID. diinisiasi KPK untuk mendorong partisipasi, akuntabilitas, respons, transparansi, dan memberi pelayanan tanpa adanya perilaku koruptif. Kanal tersebut terintegrasi dengan seluruh pihak terkait yang memudahkan keluhan di sektor pelabuhan.

Baca Juga :  KCB Minta KPK Segera Beri Kejelasan Penanganan Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan

Kanal keluhan Jaga Pelabuhan ini terhubung dengan portal Lembaga Nasional Single Window atau dikenal dengan LNSW. Lembaga milik Kementerian Keuangan ini mengelola INSW atau Indonesia Nasional Single Window.

Stranas PK merumuskan aksi pencegahan korupsi yang terfokus, terukur, dan berdampak bersama lima kementerian dan lembaga negara, seperti KPK, Bappenas, Mendagri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Kementerian Sekretariat Negara.

Untuk menyampaikan laporan, masyarakat bisa mengunjungi situs Jaga.id. lalu pilih diskusi baru dan klik opsi Pelabuhan. Kemudian pilih lokasi pelabuhan, dan tulis judul keluhan. Tuliskan juga secara lengkap keluhan yang ingin disampaikan.

Isi NIK pelapor, nomor HP pelapor, dan unggah dokumen pendukung yang memperjelas isi keluhan. Terakhir klik opsi kirim.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved