GRESIK, TrijayaNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.
Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Gresik. Acara dimulai pukul 09.00 WIB secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin oleh Moderator, Maulana Derifato A, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu BAGASKORO, S.Kom, MM, Mangihut Siregar, Wijaya Kusumah, Nur Aini Rakhmawati, PhD dan Deddy Huang. Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 216.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Indonesia Makin Cakap Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 216 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Bagaskoro, S.Kom, MM adalah Bisakah Anda memberitahu perbedaan antara Branding dan Pemasaran Langsung? Dan pada saat itu Bagaskoro, S.Kom, MM langsung memberikan jawaban Saya yakin untuk menjawab masalah ini sebenarnya ada Pak dokter lebih berkompeten untuk menjawab pertanyaan ini Saya yakin beliau lebih berkompeten untuk menjawab pertanyaan ini tapi bahwa pemasaran itu berkaitan dengan bisnis bending itu berkaitan dengan menumbuhkan rasa menumbuhkan rasa percaya dan loyal dari konsumen terhadap suatu produk dan kalau kita lihat sekarang kalau orang mau beli air mineral dia tidak ngomong air mineral beli Aqua walaupun Maret yang lain Nah kalau dengan pemasaran jelas itu berkaitan bisnis itu bagaimana kita memasarkan produk tersebut kira-kira jawaban saya singkat mungkin kalau dokter mangihut mau lebih melengkapi untuk memberikan terima kasih.
Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.
Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.
Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.
Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.