GRESIK, TrijayaNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.
Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Gresik. Acara dimulai pukul 09.30 WIB secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin oleh Moderator, Mirda Tri Aries Chandra, S.Pi., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Moch. Anang Karyawan, ADULLAH KHOIR RIQQOH, Oktora Irahadi, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom. dan Anindito Wisnu Sampurno. Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 964 Peserta.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “MASIH ADAKAH PRIVASI DI DUNIA SERBA DIGITAL” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 964 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Oktora Irahadi adalah Dengan banyaknya media sosial yang berkembang, setiap media sosial berlomba-lomba untuk terus mengembangkan media sosial sehingga sekarang banyak media sosial yang menambahkan fitur market place agar pengguna media sosial dapat melakukan kegiatan berbisnis secara online melalui media tersebut. Menurut bapak, apakah dengan kita menggunakan berbagai platform market place yang ada sekarang untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual menjadi sangat efektif dalam strategi berbisnis secara online? Dan sekiranya bagaimana yang harus kita lakukan dan kita siapkan untuk menentukan strategi berbisnis online secara efektif dengan kondisi banyaknya platform market place yang ada? Terima Kasih. Dan pada saat itu Oktora Irahadi langsung memberikan jawaban Perhatikan strategi yang dapat dilakukan bisnis online :
– Perhatikan pemasangan harga
– Masuklah ke berbagai platform market place
– Tambah usaha promosi di dalam usaha yang dijalankan.
Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.
Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.
Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.
Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.