Kamis, November 28, 2024

Webinar Literasi Digital Jombang, Pengembangan Kualitas Hidup Melalui Program Literasi Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I.

JOMBANG, TrijayaNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jombang. Acara dimulai pukul 08.00 WIB secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin oleh Moderator, Salma Nafi’aturrofiah, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Retno Aulia Vinarti, Nurkamalia, SKM, M.Si, Dr. (c) Havid Han, M.M., Elly Nurul dan Jeanny Julia.  Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 1926

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah PENGEMBANGAN KUALITAS HIDUP MELALUI PROGRAM LITERASI DIGITAL dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 1926 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Elly Nurul adalah Sesuai dengan kemajuan di ruang digital saat ini, masyarakat bisa secara bebas menulis dan membuat akun di media sosial. Tidak sedikit pula yang tidak menggunakan identitas asli alias anonim. Sehingga pengguna merasa bebas melakukan pelecehan seksual. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara agar korban pelecehan seksual secara online bisa speak up tanpa harus merasa dihakimi? Karena kadang masyarakat lihatnya kaya “ah digituin doang” padahal catcalling saja sudah termasuk pelecehan seksual. Dan apakah bisa mengetahui identitas anonym tersebut agar bisa dilaporkan?. Dan pada saat itu Elly Nurul langsung memberikan jawaban Ketika menggunakan medsos harus sesuai aslinya, biasanya akun pribadi anon ini ada karena ga pede atau ada maksud lain, mungkin buat stalk, balik ke tema hari ini, buat apa pake media? Gunakan untuk hal produktif dan positif. Saat ada anon yang melakukan pelecehan seksual, korban harus speak up agar orang lain tahu, kalau sudah mengancam secara mental kan tidak baik. Banyak tempat lapor, siapkan buktinya, tapi kalau anon gimana? Lapor ke platformnya dulu, fitur report, emailnya bisa ditelusuri. Dari situ laporkan ke instansi terkait, kpai, kepolisian, lbh lain. KTP dengan selfie saat verifikasi, bisa watermark. Kalau bocor kita tau siapa yg bocorin. Yang dulu gimana? Ada kemungkinan bocor, karena sekarang kita udah tau cara mengamankannya, ayo mulai amankan.

Baca Juga :  Webinar Literasi Digital Malang, Pentingnya Literasi Digital dalam Memajukan Bangsa

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

Baca Juga :  Webinar Literasi Digital Jember, Ciptakan Prestasi di Era Digital

Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved