Rabu, November 27, 2024

ASWARI Targetkan 100 Ribu NIB Warung Rakyat

Trijayanews.id, Jakarta – ASWARI (Asosiasi Warung Rakyat Indonesia} menargetkan 100 ribu NIB (Nomor Induk Berusaha) tahun 2025, ujar Noor Azasi, SP, MH, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi ASWARI.

NIB saat ini menjadi penting untuk mendorong usaha warungan memilih memasuki pengelolaan usaha modern. “Hampir semua fasilitas kredit dan pengembangan usaha mensyaratkan kelengkapan administrasi adanya NIB,” ujar Azasi.

Dengan demikian, lanjut Azasi, usaha-usaha warungan milik rakyat dapat memasuki komunitas resmi dunia usaha. “Apalagi sekarang ini baik pemerintah maupun jaringan-jaringan banyak usaha yang melakukan pelatihan dan pengembangan bisnis yang juga mensyaratkan adanya NIB,” tambahnya.

Masuknya usaha warungan rakyat dalam pergaulan dan komunitas bisnis formal akan memperluas jaringan dan rantai pasok. Termasuk pula pengembangan digitalisasi yang sedang dicanangkan pemerintah. Artinya, anggota-anggota ASWARI yang saat ini baru mendaftar sekitar 200 ribu di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pengembangan Koperasi dan UMKM dalam RPJMN 2025-2029, SeskemenkopUKM Jaring Aspirasi  Publik

Padahal, jumlah warung rakyat yang ada di seluruh Indonesia ada sekitar 3,6 juta. Sehingga pengembangan usaha yang untuk melayani kebutuhan konsumsi rakyat ini sangat luas dan besar, serta menjadi tempat menggantung hidup puluhan juta rakyat Indonesia, pungkas Azasi.**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved