Rabu, November 27, 2024

UMKM Lokal Unjuk Gigi di Ajang MotoGP Mandalika 2024

Trijayanews.id, Mandalika – Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 (MotoGP Mandalika) yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, pada 27-29 September 2024, tidak hanya menyuguhkan tontonan balap motor bergengsi kelas dunia, juga mendatangkan dampak positif signifikan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Staf Khusus Menteri Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), Fiki Satari, di Mandalika, Minggu (29/9) menyatakan, bahwa event internasional itu telah menjadi katalis bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di kawasan Mandalika dan sekitarnya.

“Kami sangat gembira melihat bagaimana UMKM lokal mampu memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan omzet penjualan mereka secara signifikan. Ini bukti nyata bahwa ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Lanjut Fiki, KemenkopUKM terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di kawasan Mandalika. Berbagai program pendampingan dan pelatihan telah dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM, sehingga mereka bisa manfaatkan berbagai peluang yang ada.

“Kami yakin UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menciptakan iklim usaha kondusif bagi pertumbuhan UMKM, sehingga mereka dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian Indonesia,” tandasnya.

Masih kata Fiki, bahwa antusiasme UMKM lokal untuk berpartisipasi sangat tinggi. “Kami sangat senang melihat UMKM lokal kita mampu memanfaatkan peluang ini dengan baik. MotoGP Mandalika bukan hanya balapan, juga tentang memberdayakan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Fiki lagi.

Masih kata dia, ke depan diharapkan UMKM lokal pun mampu masuk ke dalam ekosistem rantai pasok MotoGP bukan hanya di lokal tapi dunia. Seperti melalui official merchandise untuk produk fesyen, sampai jadi produsen suku cadang moto. “Saat ini saja, Indonesia sudah punya produsen/builder untuk miniGP seperti SND Racing,” jelasnya.

Baca Juga :  Agar Usahanya segera Bangkit Pasca Pandemi Covid-19, Kredit Macet UMKM akan Dihapus

Salah satu pelaku UMKM yang merasakan dampak positif ini adalah Agus, pedagang kaos dengan brand Lombok”Qu yang berhasil meraup omzet hingga Rp40 juta selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Produk-produk kuliner dan suvenir bertema MotoGP Mandalika menjadi primadona di kalangan pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dalam event sebesar ini. Antusiasme pengunjung terhadap produk-produk kami sangat tinggi, dan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk,” ungkapnya.

UMKM lokal secara umum turut menggeliat dan melaporkan peningkatan omzet yang signifikan. Berbagai produk UMKM, mulai dari kuliner khas Lombok hingga suvenir, atau merchandise MotoGP Mandalika diburu pengunjung. “Omzet kami meningkat berkali lipat selama MotoGP Mandalika,” tandas Agus.

KemenKopUKM bersama stakeholder terkait termasuk Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM lokal melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan. MotoGP Mandalika diharapkan menjadi momentum untuk memperkenalkan produk-produk unggulan NTB kepada dunia.

Tercatat penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 memberikan dampak yang luas terhadap UMKM, dan ekonomi kreatif lokal dengan jumlah pelaku usaha yang terlibat mencapai 800 UMKM dan diperkirakan menyerap 2.750 tenaga kerja.

Dari perputaran ekonomi tersebut diperkirakan dampak ekonomi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 mencapai Rp4,8 triliun.

Acara ini juga disiarkan oleh stasiun televisi di lebih dari 200 negara dengan 119 media partner yang terlibat. MotoGP Mandalika 2024 juga ditonton oleh setidaknya 86 juta fans Amerika, 70 juta fans Asia, 137 juta fans Eropa dengan total fans base hingga 300 juta penonton di seluruh dunia.**

Baca Juga :  Pemahaman Aspek Hukum Pelaku Usaha Masih Rendah, KemenKopUKM Gelar Penyuluhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved