Rabu, Agustus 10, 2022

10 Protokol Kesehatan Ketika Bioskop Kembali Dibuka

Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berencana melakukan pembukaan kembali bioskop setelah melakukan pengkajian.

JAKARTA, TrijayaNews.id – Bioskop adalah salah satu sektor bisnis yang terdampak pandemi virus corona Covid-19 karena pemerintah daerah menutup operasional bioskop untuk menghindari penularan di tengah masyarakat.

Namun, saat ini Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berencana melakukan pembukaan kembali bioskop setelah melakukan pengkajian.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya telah melakukan kajian dalam rangka pembukaan kembali bioskop pada masa pandemi Covid-19.

Protokol Kesehatan

Kajian rencana pembukaan kembali bioskop pada masa pandemi Covid-19 telah dilakukan selama beberapa minggu terakhir dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi selama pengkajian.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujar Wiku dalam siaran pers BNPB, Rabu (26/8/2020).

Pembukaan bioskop harus melalui banyak pertimbangan dari berbagai aspek seperti aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahapan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.

Selain itu, Tim Pakar dari sisi medis dan kesehatan masyakarat menghasilkan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait protokol kesehatan selama di bioskop, di antaranya :

1. Memastikan antrean masuk dan keluar dari fasilitas bioskop dengan melakukan jaga jarak, minimal 1,5 meter sehingga tidak ada kontak pengunjung.

2. Petugas dan penyelenggara harus memahami betul tentang protokol kesehatan agar dapat melakukan dengan tertib dan mengawasinya dengan ketat.

3. Satgas Nasional merekomendasikan pengunjung bioskop yang datang memiliki rentang usia di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Selain itu, mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal atau penyakit imunitas rendah dilarang ke bioskop.

Baca Juga :   Pasien Sembuh COVID-19 Bertambah 1.414, Meninggal 87, Kasus Positif 1.522 Orang

4. Pengunjung harus dalam kondisi sehat. Tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, atau sesak napas.

5. Pengunjung tidak boleh makan dan minum serta selalu menggunakan masker dari sejak awal hingga selesai menonton film.

6. Berada di dalam ruangan bioskop tidak lebih dari dua jam.

7. Jarak antar kursi dilakukan dengan baik sehingga berjarak supaya menghindari kontak antar pengunjung dan juga tidak ada kontak dengan petugas.

8.  Petugas melakukan pengawasan pada pengunjung, seperti penggunaan masker selama berada di gedung bioskop.

9. Tim pakar menyarankan masker yang digunakan adalah masker dengan filtrasi setara atau lebih baik dari masker bedah.

10. Pemesanan tiket hanya dilakukan secara online.Agar mempermudah pengecekan data untuk keperluan tracing apabila ditemukan kasus.

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

BEIJING, TrijayaNews.id - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved