Jumat, November 29, 2024

Optimalkan Layanan Tanpa Tatap Muka, PANDAWA Menjadi Andalan BPJS Kesehatan

Memberikan layanan secara optimal kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada masa penyebaran kasus covid-19 yang semakin meningkat memacu BPJS Kesehatan menciptakan inovasi layanan tanpa tatap muka.

Jakarta, TrijayaNews.id – Memberikan layanan secara optimal kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada masa penyebaran kasus covid-19 yang semakin meningkat memacu BPJS Kesehatan menciptakan inovasi layanan tanpa tatap muka. Saat ini, BPJS Kesehatan memiliki empat kanal layanan tanpa tatap muka yang dapat meningkatkan akses peserta pada Program JKN-KIS, antara lain Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA) melalui Whatsapp di nomor 08118750400 atau Telegram dengan chat melalui username @BPJSkes_bot untuk pelayanan informasi dan pengaduan, serta Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

“Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 adalah dengan jalan mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Namun, hal ini tidak menghalangi kami dalam memberikan layanan prima bagi peserta. PANDAWA yang saat ini sudah kami jalankan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat merupakan salah satu cara kami untuk memberikan kepastian layanan dan kemudahan akses bagi peserta khususnya yang berdomisili di Kota Administrasi Jakarta Barat,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang, pada saat memaparkan materi mengenai PANDAWA.

Fitria menjelaskan melalui PANDAWA, petugas senantiasa siap memberikan respon dan membantu peserta untuk dapat memenuhi kebutuhannya akan layanan administrasi Program JKN-KIS. Nomor HP khusus BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat yang dapat dihubungi untuk layanan PANDAWA yaitu 081283093171. Ketika peserta dapat menghubungi PANDAWA, petugas akan memberikan format dan panduan yang dapat diikuti peserta agar layanan dapat diberikan secara optimal.

Baca Juga :  Menko PMK Juga Dorong Percepatan Produksi PCR Kit Dalam Negeri

“Terdapat sepuluh jenis pelayanan administrasi yang dapat dilayani di PANDAWA, antara lain pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji peserta, Perubahan FKTP, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, serta pengaktifan kembali kartu,” tutur Fitria.

Fitria menyebutkan, layanan PANDAWA dapat dilakukan melaui chat Whatsapp pada jam pelayanan kantor yaitu dari Senin sampai dengan Jumat kecuali hari libur nasional. Segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan ini, antara lain Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Kami berharap Program JKN-KIS dapat selalu diselenggarakan dengan optimal terutama pada masa pandemi ini. Dengan hadirnya PANDAWA, semoga peserta semakin mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas hanya dengan ponsel pintar mereka,” tutup Fitria.

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved