Rabu, November 27, 2024

BNI Dukung Diaspora Program Unggulan Melalui Jaringan Kantor Luar Negeri

Trijayanews.id, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, turut berpartisipasi dalam Diaspora Engagement Summit, sebuah acara diskusi paralel yang memperkenalkan program Overseas Citizenship of Indonesia (OCI), serta membahas peran diaspora dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Acara yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U), berlangsung di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/8/2024). Pada kesempatan tersebut, BNI dan IDN-U menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerja sama dalam mendukung dan mengembangkan Diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U) adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada Diaspora Indonesia. Tujuan utama IDN-U adalah memberdayakan Diaspora Indonesia dan jaringannya dengan meningkatkan kontribusi nyata dan langsung kepada Indonesia.

Fokus organisasi ini adalah memperkuat jaringan, mengintegrasikan elemen-elemen diaspora yang telah ada, serta memanfaatkan sumber daya, keahlian, dan bakat diaspora di seluruh dunia. IDN-U merupakan organisasi global dengan jaringan yang tersebar di berbagai negara.

Dalam keterangan di Jakarta, Rabu (21 Agustus 2024), Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, BNI sebagai bank dengan jaringan global yang diberikan mandat oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan konektivitas keuangan digital terintegrasi dengan keunggulan internasional, khususnya untuk diaspora, memiliki peran penting dalam menjembatani Indonesia dengan dunia dalam upaya memperluas pasar ekspor Indonesia.

“Melalui acara ini, BNI sebagai penyedia solusi transaksi perbankan berkomitmen untuk mendukung penuh eksistensi diaspora dalam mencapai tujuan finansial mereka,” ujarnya.

Sebagai bank Indonesia dengan jaringan internasional yang memiliki kapasitas global, BNI mempunyai jaringan Kantor Luar Negeri (KLN) yang tersebar di Singapura, Hong Kong, Seoul, New York, London, Tokyo, Osaka, dan Amsterdam.

Melalui BNI Xpora, perseroan menawarkan tiga program unggulan bagi diaspora sekaligus membantu UKM untuk memasuki pasar internasional, yaitu Go Productive, Go Digital, dan Go Global.

Adapun saat ini BNI memiliki 43.000 nasabah Xpora yang berorientasi ekspor, di mana 20.000 atau 46% di antaranya telah menerima fasilitas permodalan dengan outstanding sebesar Rp30 triliun hingga Juni 2024.

Selain itu, BNI juga menargetkan lima segmen utama melalui jaringan luar negerinya, termasuk Diaspora, dengan menyediakan layanan perbankan yang mencakup fasilitas pembukaan rekening (Diaspora Saving), fasilitas pinjaman untuk mendukung bisnis diaspora (Diaspora Loan), produk investasi untuk mengoptimalkan investasi diaspora (Diaspora Invest), dan layanan remitansi untuk mengirim uang kepada keluarga di Indonesia.

Baca Juga :  RUU Perkoperasian telah Masuki Tahap Harmonisasi, Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Diaspora Saving adalah produk tabungan khusus dari BNI yang ditujukan bagi diaspora di seluruh dunia, memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan di luar negeri. Pembukaan rekening ini dapat dilakukan secara digital maupun melalui Kantor Cabang Luar Negeri BNI.

Sementara itu, Diaspora Loan merupakan inisiatif BNI untuk membantu diaspora yang ingin mengembangkan bisnisnya di luar negeri melalui pinjaman atau kredit. Diaspora dapat memanfaatkan pinjaman ini untuk dua kebutuhan utama, yakni modal kerja operasional atau pengembangan bisnis lebih lanjut.

Dengan jaminan pribadi yang bisa berada di Indonesia, proses cepat, bunga kompetitif, penjadwalan pelunasan yang fleksibel, serta pendanaan jangka pendek, diaspora dapat memperoleh berbagai keuntungan dari fasilitas ini.

BNI juga menyediakan layanan perbankan yang mendukung ekspansi dan operasional perusahaan di luar negeri, baik untuk Korporasi maupun Anak Perusahaan Indonesia. Selain itu, BNI juga mendukung UKM, terutama melalui layanan transactional banking seperti trade finance.

Di sisi lain, BNI juga menyediakan layanan untuk MNC Global dan Regional, dengan menyasar perusahaan multinasional global dan regional yang memiliki hubungan bisnis dengan Indonesia. BNI menawarkan solusi advisory yang komprehensif untuk lembaga keuangan (FI) dan investor yang tertarik mengeksplorasi peluang investasi di Indonesia.

BNI juga memiliki wondr by BNI, aplikasi perbankan terbaru BNI yang turut hadir dalam perayaan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Tokyo, Osaka, Seoul, dan Amsterdam. Dengan inovasi terbaru ini, BNI berharap dapat semakin memperkuat hubungan dengan diaspora Indonesia dan mendukung mereka dalam mengelola keuangan.

Baca Juga :  BNI Dukung Promosi IKN di Singapura

Saat ini, terdapat sekitar delapan juta diaspora Indonesia yang terbagi dalam tiga kategori, yakni  10% pelajar, 20% menikah dengan WNA, dan 70% pekerja migran Indonesia. Melalui jaringan kantor luar negeri, BNI siap menjembatani para pelaku UKM dan diaspora untuk memperluas pasar ekspor mereka.

“Kami akan memfasilitasi diaspora ini melalui Xpora, yang memungkinkan UKM Indonesia mengembangkan bisnisnya melalui inisiatif Go Productive, Go Digital, dan Go Global, dengan mempertemukan pemasok dan pembeli,” tutup Okki.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved