Rangkaian Lokakarya Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 yang Digelar Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Dimulai dari Jakarta

Nasional36 Dilihat

TrijayaNews.id, Jakarta – Usai diluncurkan pada Rabu (5/7) “Lokakarya Budaya, Jenama Kota dan Cipta Ruang” sebagai inisiatif Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya, yang menjadi bagian rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2023, bersama Indonesia Creative Cities Network (ICCN) pun dimulai.

Ada sederet kegiatan yang akan dilaksanakan di Jakarta, Bali dan Bandung, Jawa Barat. Dimulai Lokakarya Luring Jakarta, pada 13-15 Juli 2023, berlokasi di Pos Bloc Jakarta, dan melibatkan para peserta dari 13 Provinsi. Untuk para peserta dari provinsi lainnya akan tersebar menghadiri rangkaian lokakarya di Bali dan Bandung.

Tema besar PKN 2023 “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan” sebagai rumusan jadi metode aksi dengan simbol lumbung dan ruang tamu. Ini menggambarkan cara kerja yang berdasar pada serangkaian nilai, seperti penyimpanan kebutuhan domestik hingga inspirasi lokal dan solusi budaya demi merawat Bumi.

Tujuannya adalah pemecahan masalah global, menggunakan prinsip kerja konsolidasi jaringan yang mengutamakan proses dan lokalitas. Maka kegiatan PKN 2023 ini, sekaligus tercetus inisiatif Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya, dengan program di antaranya, “Lokakarya Budaya, Jenama Kota, dan Cipta Ruang”.

Rangkaian Lokakarya Budaya, Jenama Kota, dan Cipta Ruang yang dimulai di Jakarta, 13-15 Juli 2023, ini terdiri dari sederet kegiatan berisi ragam materi, diskusi, serta koordinasi seputar topik penguatan jejaring kota, jenama berdaya, ekosistem Ekonomi Kreatif Nasional, budaya sebagai fondasi Ekonomi Kreatif, literatur dan identitas kota, praktik baik dalam cipta ruang, hingga tur ke kawasan jenama lokal juga komunitas kreatif.

Para narasumber dalam kegiatan Lokakarya Luring di Jakarta ini di antaranya Direktur Jenderal (Dirjen)/Ses Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Ketua Dewan Kurator PKN 2023 Ade Darmawan, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, Komisaris Utama ITDC Ricky Pesik, Andesh Tomo, Laura Prinsloo sebagai Focal Point Jakarta UNESCO City of Literature, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Co-Founder M Bloc Group Yacobus Gatot Subroto Surarjo, serta Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad H. Mahfud.

Menurut Ketua Umum ICCN, Tubagus Fiki Chikara Satari, fungsi kekuatan kebudayaan dipadu kreativitas lokal, “Ini yang menjadikan Indonesia bangsa besar membuat kita percaya diri. Ketika Indonesia maju dengan narasi Ekonomi Kreatif-nya yang berbasis budaya, kita tidak dapat dikalahkan oleh bangsa manapun,” ujarnya.

Fiki menambahkan, Inisiatif yang konsisten dilaksanakan oleh ICCN sejak berdiri April 2015 di Bandung. Industri Kreatif berbasis budaya sudah banyak diimplementasikan dan dipraktikkan. Seperti sinergi-kolaborasi lintas subsektor dengan kebudayaan, yang mana budaya ini ditranslasikan dengan pendekatan Ekonomi Kreatif, ragam inovasi, kebaruan dan decoding.

“Proses-proses ini yang kemudian kita terus inspirasikan melalui gerakan-gerakan, program-program, inisiatif. Baik individu maupun komunitas, forum jejaring, kemudian sampai dengan ICCN. Gerakan kolektif menjadi kunci, bagaimana hadirnya kebaruan budaya yang selalu relevan dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Ketua Dewan Kurator PKN 2023 Ade Darmawan, pun telah memaparkan makna tema dan pesan yang dibawa PKN pada kegiatan peluncurannya (05/07), menurutnya, tema yang diusung sangat penting. Yakni kebudayaan tidak hanya seni-budaya, tapi bagaimana menjadi sebuah tradisi, kebiasaan, cara pikir, dan tindakan. “Yang paling penting, tidak hanya menjadi sebuah praktik untuk mendapatkan sebuah ekspresi, tapi tindakan-tindakan atau sikap-sikap merawat bumi dan kebudayaan,” paparnya.

Demikian Dewan Kurator PKN 2023, sekaligus Executive Committee ICCN, Handoko Hendroyono menjelaskan, bahwa berbicara tentang penjenamaan kota, sebenarnya dalam konsep lumbung, ia ibaratkan ini harus jadi simpul kalcer, yang kita harus baca skena-skenanya. Skena musik, skena media, skena seni, dan lain-lain. “Bagaimana kita dalam proses, karena proses ini sangat penting, praktik-praktik baik dari skena yang ada di masyarakat itu harus kita lakukan kearsipan, dan kita harus melakukan pemberadaan terhadap skena-skena yang luar biasa ini,” paparnya.

Adapun simbolisasi lumbung yang diangkat sebagai metafora nilai luhur. Nyatanya merepresentasikan substansi 10 Prinsip Kota/Kabupaten Kreatif dengan 11 Jurus Catha Ekadasa untuk pengembangan Ekonomi serta Kota/Kabupaten Kreatif dari ICCN.

Menurut Fiki Satari, ini menjadi prasyarat bagaimana lumbung yang welas asih dan memprioritaskan keberagaman. Lumbung yang inklusif menghadirkan solidaritas dan perdamaian. Menjunjung tinggi HAM, memuliakan kreativitas, inovasi, kearifan lokal, daya cipta, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lumbung yang hadir dan terus tumbuh bersama lingkungan yang lestari, memuliakan kearifan sejarah. Lumbung yang transparan, jujur, gotong royong, dan kolaboratif, yang memenuhi hak-hak dari kebutuhan dasar, hadir dengan energi terbarukan, dan tentunya dengan standardisasi fasilitas umum untuk semua. “Ini merupakan 10 Prinsip kami di ICCN, kita semua selaku GBHN-nya untuk memastikan lumbung kreativitas Indonesia tetap terjaga,” jelasnya.

Sebagai tema turunan dari tema besar PKN 2023 ini, untuk Rakornas ICCN 2023 mengangkat narasi bernuansa lokal, yaitu “Mulang Ngabandung”, dimana  konteks ini dapat diartikan sebagai ajakan kembali mendengarkan atau menampung inspirasi dari kreativitas kedaerahan dan kultur lokal. Atau  kampung halaman kita yang juga sejalan dengan makna lumbung serta ruang tamu. Dengan tujuan merawat Bumi dan Kebudayaan sesuai tema besar PKN 2023.

Peserta rangkaian Lokarya Luring Jakarta pada 13-15 Juli 2023, Bali pada 19-22 Juli 2023, dan kemudian Bandung, Jawa Barat, pada 27-29 Juli 2023. Ini terbuka bagi jejaring ICCN dan Hexa Helix Ekonomi Kreatif dari seluruh Indonesia. “Publik juga dapat terus mengikuti informasi terkini mengenai berbagai kegiatan serta materi “Lokakarya Budaya, Jenama Kota, dan Cipta Ruang” melalui kanal media ICCN,” pungkasnya. **