Rabu, Agustus 17, 2022

Radhar Panca Dahana: Kalau Kabinet Kacau Yang Harus Disalahin Presidennya

JAKARTA, TRIJAYAnews.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekesalannya terhadap kinerja para menterinya dalam penanganan pandemi Covid-19 pada rapat kabinet pada 18 Juni 2020 lalu.

Budayawan Radhar Panca Dahana mengatakan ada kekacauan cara kerja kabinet dan lembaga-lembaga lain yang menyebabkan presiden meluapkan kemarahannya.

Dia meminta semua pihak harus instrospeksi diri, termasuk presiden sendiri, agar segera melakukan kerja-kerja yang benar dan tepat untuk menghentikan pandemi Covid-19.

“Jadi kalau ada orang marah seperti itu salahin kabinetnya, yang harus disalahin presidennya, dia komandannya,” ujarnya seperti dikutip dari SINDOnews, Senin (29/6/2020).

Dia menilai pemerintah mengalami geger sehingga muncul justru hal-hal yang membingungkan masyarakat. “Persoalan-persoalan yang paling inti tidak diselesaikan oleh mereka. Ini menciptakan krisis yang tidak kecil,” tuturnya.

Sejak awal ditemukan orang yang positif Covid-19 di Depok, komunikasi publik pemerintah tidak rapi. Bahkan, kebijakan yang dikeluarkan sering tumpang tindih. Kadang pula kebijakan yang diumumkan diralat kembali atau malah ada pelonggaran dari pejabat lainnya.

Radhar menjelaskan sepertinya jalan keluar yang ditawarkan presiden tidak mampu dipahami oleh masyarakat dan pembantu-pembantu. Semua mengalami disorientasi karena tidak ada gagasan untuk menyelesaikan pagebluk Covid-19. Solusi yang ditawarkan pragmatis dan oportunis.

“Menunjukan bahwa pemerintah sebenarnya tidak mampu menyelesaikan. Itu menjadi satu keprihatinan kita bahwa arah negara mau kemana ketika persoalan-persoalan itu tidak bisa diatasi,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Bank Berkapasitas Global, Ini Strategi BNI

Jakarta, TrijayaNews.id - Direktur Corporate Banking BNI Silvano Rumantir mengakan, BNI memiliki DNA sebagai corporate banking yang aktif dan mendukung ekspansi nasabah korporasi hingga...

BNIDirect Catatkan Volume Transaksi Lebih Rp2.500 Triliun

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, (BNI kode saham: BBNI) terus berinovasi dengan memberikan kemudahan kepada para nasabah. Hal ini  menjadi...

SMESCO Indonesia Gandeng PT Jaya Hotel Lestari Pulihkan Ekonomi Melalui Sektor Perhotelan

Tangerang, TrijayaNews.id – Direktur Bisnis SMESCO Indonesia Wientor Rah Mada menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT. Jaya Hotel Lestari atau Episode Hotel...

BNI Gandeng Indomaret untuk Perkuat Ekosistem Cashless

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat ekosistem cashless society guna memaksimalkan potensi pemulihan ekonomi. Kali...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved