Kamis, Mei 19, 2022

Live Music di Restoran dan Kafe Kembali Mendapat Izin

Restoran dan Kafe di Jakarta mulai diizinkan kembali mengadakan live music pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi saat ini.

JAKARTA,TrijayaNews.id – Restoran dan Kafe di Jakarta mulai diizinkan kembali mengadakan live music pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi saat ini.  Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta Nomor: 342/SE/2020 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Live Music pada Jenis Usaha Restoran/Rumah Makan/Cafe.

“Iya sudah (diizinkan),” kata Plt Kadisparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Surat edaran itu menyebutkan ada enam syarat yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan live music di restoran atau kafe. Pertama, jenis band live music yang diperbolehkan yaitu akustik dengan jumlah personel maksimal empat orang termasuk penyanyi.

Kedua, diwajibkan bagi musisi untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak selama pertunjukkan berlangsung. Selain itu para musisi tidak diperkenankan berinteraksi langsung dengan pengunjung cafe.

Ketiga, pengunjung atau tamu yang hadir dilarang berkumpul menari ditengah pada saat live music berlangsung.

Keempat, bagi pengusaha restoran atau kafe dilarang mengadakan event atau show khusus live music dengan mendatangkan artis terkenal baik dalam maupun luar negeri yang berpotensi meningkatkan kerumunan pengunjung.

Kelima, kegiatan live music di restoran atau cafe harus menjaga volume sound system dalam batas wajar.

Keenam, pelanggaran terhadap protokol kesehatan dikenakan sanksi sesuai Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Surat edaran tersebut diteken pada 25 Agustus 2020 oleh Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya. Gumilar mengatakan Pemprov DKI melarang pengelola cafe mendatangkan artis terkenal untuk mencegah kerumunan di tengah pandemi covid-19.

“Yang kami titik beratkan yaitu pengusaha restoran atau kafe itu tidak boleh melaksanakan event khusus. Artinya event khusus atau show khusus biasanya mereka suka mengundang artis luar negeri atau dalam negeri sehingga berpotensi menimbulkan kerumunan di restoran tersebut,” ucapnya.

Baca Juga :   Capai 40 Persen Vaksinasi, Reisa Ingatkan Kembali Perjalanan Pengendalian Covid-19 di Indonesia

Salah satu tujuan mengizinkan kembali live music di restoran atau kafe demi memberdayakan para musisi. Menurutnya kebijakan ini merupakan tindak lanjut masukan dari musisi dan seniman yang beberapa waktu lalu sempat protes lantaran terdampak kebijakan PSBB di ibu kota.

“Ini kita lakukan untuk memberdayakan musisi-musisi yang sempat protes, dengan adanya aturan ini mereka bisa beraktivitas lagi,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Kunker Komisi VIII DPR di Balikpapan, Legislator Tekankan Peran Penting Pemda Kawal Salur Bansos Tepat Sasaran

BALIKPAPAN, TrijayaNews.id – Komisi VIII DPR RI mengapresiasi langkah pemerintah menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Penyaluran bansos, termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)...

Genjot Regenerasi Petani, Kementan Lepas Puluhan Petani Muda Magang ke Jepang

JAKARTA, TrijayaNews.id - Kementerian Pertanian terus mengupayakan lahirnya Petani- Petani Muda. Keseriusan dalam mencetak Regenerasi Petani diwujudkan dalam sejumlah program salah satunya yaitu Magang...

Menteri Trenggono Optimis Sentra Kuliner Ikan di Pekalongan Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

PEKALONGAN, TrijayaNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono optimis geliat perikanan di Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah terus tumbuh menyusul melandainya situasi...

Menparekraf Terima Kunjungan Dubes Jepang untuk RI Kolaborasi Tingkatkan Sektor Parekraf

Jakarta, TrijayaNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved