Minggu, Agustus 14, 2022

Teten Masduki: Pelaku UKM di Daerah-daerah Bakal Dapat Vaksinasi

Jakarta, TrijayaNews.id, Pelaku UKM di daerah-daerah bakal mendapatkan vaksinasi Covid-19. Statmen tersebut telah diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dimana pihaknya sudah mengajukan agar pelaku koperasi dan UKM di daerah di seluruh Indonesia segera mendapatkan suntikan vaksin.

Teten menambahkan, UKM yang pertama menjadi prioritas mendapat vaksinasi adalah pelaku usaha yang bergerak di sektor kuliner, khususnya makanan dan minuman.

Hal tersebut disampaikan Teten, saat menghadiri pelaksanaan Kick-Off vaksinasi Covid-19 bagi pelaku UKM yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Pemprov DKI Jakarta, bersama Grup Ciputra (Ciputra Hospital), di Ciputra Artpreneur Jakarta, Kamis (1/4).

Masih lanjut Teten, bahwa di tengah pandemi Covid-19, pelaku usaha di sektor tersebut, termasuk yang paling banyak bersentuhan dengan publik. “Kami sudah ajukan agar pelaku UKM di sektor makanan dan minuman. Karena, sektor ini dari segi ekonomi berjalan baik di tengah pandemi, tapi juga punya potensi penularan. Nanti tinggal menunggu jadwal,” ujarnya.

Setelah seluruh ASN KemenkopUKM mendapat vaksinasi (tahap 2), tahapan selanjutnya kara dia, adalah pelaku UKM yang akan menjadi prioritas penerima vaksin.

“UKM juga menjadi salah satu pihak yang paling banyak bersinggungan dengan publik secara langsung. Untuk pelaksanaan vaksin bagi pelaku UKM di daerah, akan dilakukan dengan menggandeng Dinas Kesehatan di setiap wilayah di Indonesia,” tandasnya.

Dengan vaksinasi Teten menyakini, akan mempercepat pemulihan konsumsi serta mengembalikan potensi pasar yang lebih luas. “Saya berharap semua pelaku UKM bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan pemerintah. Sehingga, kita semua bisa menjadi lebih percaya diri,” imbuh Teten.

Jika telah mendapat vaksinasi Covid-19, diyakini Teten, kinerja UKM sektor kuliner bakal lebih meningkat lagi. Mengingat, di saat pandemi saja dengan aneka aturan pembatasan seperti PSBB, sektor kuliner mampu berjalan stabil. “Artinya, pasca vaksinasi, mereka bisa berjualan kembali secara normal,” paparnya lagi.

Baca Juga :   KemenkopUKM Siap Kolaborasi dengan Sound of Borobudur

Hanya saja, Teten tetap menekankan pentingnya menjaga Protokol Kesehatan. “Jangan mentang-mentang sudah vaksin, bukan lantas kita bisa seperti dulu lagi. Kita berada di era New Normal dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” jelasnya.

Teten mengakui, pihaknya sudah menyusun langkah untuk melakukan vaksinasi di daerah, khususnya bagi pelaku UKM. “Karena mereka masuk dalam kategori pemberi pelayan publik, pelaku ekonomi yang tentu akan berdampak pada ekonomi. Jadi, kita akan segerakan,” tukas MenkopUKM.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata mengatakan, tahap awal vaksinasi bagi pelaku UKM akan diberikan kepada 3.000 orang. Sebanyak 1.500 pelaku UKM ditargetkan menerima vaksinasi pada 1 April 2021, dan kemudian sisanya pada 5 April 2021.

Secara umum, targetnya adalah para pelaku UKM yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kategori UKM ini adalah semua kelompok pengusaha berskala kecil dan menengah, yang berada di pusat perbelanjaan dan kawasan-kawasan perdagangan di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“Sesuai arahan pemerintah, pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku UKM ini diharapkan bisa mempercepat pemulihan perekonomian RI,” pungkas Budiarsa.

Berita Terkini

SMESCO Indonesia Gandeng PT Jaya Hotel Lestari Pulihkan Ekonomi Melalui Sektor Perhotelan

Tangerang, TrijayaNews.id – Direktur Bisnis SMESCO Indonesia Wientor Rah Mada menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT. Jaya Hotel Lestari atau Episode Hotel...

BNI Gandeng Indomaret untuk Perkuat Ekosistem Cashless

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat ekosistem cashless society guna memaksimalkan potensi pemulihan ekonomi. Kali...

BNI Boyong Rempah ke Pasar Hong Kong untuk Optimalkan Food Expo 2022

Hong Kong, TrijayaNews.id - Potensi produk rempah dan makanan Indonesia di pasar Hong Kong semakin terbuka seiring banyaknya buyer potensial. PT Bank Negara Indonesia...

BNI Usung Orange Synergy Tandai Kolaborasi dengan Bank Sumut

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara atau Bank Sumut berkolaborasi dengan mengusung...

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved