Selasa, April 16, 2024

BNI Xpora Mudahkan Ekspor Rumput Laut

TrijayaNews.id, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), secara konsisten mendorong UMKM lokal Indonesia untuk semakin Go Productive, Go Digital, dan Go Global melalui program Xpora. Kali ini, BNI berhasil memperluas pasar debiturnya yang bergerak di bidang budidaya rumput laut.

CV Adi Tirta merupakan perusahaan budidaya rumput laut di Makassar, Sulawesi Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1975 sebelum akhirnya didelegasikan kepada Yoris Wanter, anak dari sang pendiri usaha.

Yoris mengatakan bahwa produk utama yang dijual oleh perusahaannya adalah rumput laut dengan jenis Cottoni, Spinosum, dan Glacilaria. Produk rumput laut pada umumnya akan diolah sebagai bahan obat-obatan, bahan dasar kosmestik, serta bahan baku makanan.

CV Adi Tirta telah banyak terbantu oleh BNI melalui penyaluran kredit modal kerja serta business matching dari Xpora dengan pembeli di luar negeri dan fasilitas transaksi keuangan antar negara.

“Target utama dari CV Adi Tirta adalah pasar di luar negeri. Melalui program Xpora, BNI berhasil mempertemukan CV Adi Tirta dengan pembeli-pembeli baru di China,” ujar Yoris.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan GWK Cultural Park untuk KTT G20

Yoris menambahkan, CV Adi Tirta juga telah merambah pasar di negara-negara seperti Perancis, Spanyol, India, Taiwan, Hongkong, dan Vietnam. Dirinya optimis BNI akan membantunya untuk mendapatkan lebih banyak pembeli baru dari luar negeri.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mengapresiasi kinerja BNI Xpora dalam semakin memudahkan UMKM lokal untuk Go Global.

Amir menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Mayoritas tenaga kerja juga diserap oleh sektor UMKM. Oleh karena itu perbankan harus sama-sama mengambil peran aktif dalam program pengembangan UMKM agar pertumbuhan ekonomi dapat semakin optimal.

“Contohnya, BNI melalui Xpora yang salah satu hub-nya ada di Makassar. Dengan Xpora, semakin banyak UMKM yang berkesempatan untuk bersaing tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. Diharapkan UMKM Go Global dapat memberikan multiplier effect yang positif bagi Indonesia,” ujar Amir.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Strategi Kebijakan Hilirisasi Migas dan Minerba yang Efektif untuk Indonesia

JAKARTA, TrijayaNews.id - Kebijakan hilirisasi minyak dan gas (migas) serta mineral batubara (minerba) menjadi salah satu fokus pemerintah untuk mengoptimalkan sumber daya alam. Selain...

Komunitas Rumah Bunga Matahari Rumah Harapan Rayakan Indahnya Ramadhan bersama teman-teman Disabilitas

Trijayanews.id - Dalam rangka merayakan indahnya bulan suci Ramadhan, hari Minggu 24 Maret 2024 Bunga Matahari Rumah Harapan mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman...

Bank DKI Ambil Bagian dalam Program SERAMBI Bank Indonesia 2024

Direktur Teknologi dan Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono (baris pertama, memegang bendera), disaksikan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank...

Ciptakan Nuansa Baru di Bulan Ramadhan

Jakarta, TrijayaNews.id– Memilih furnitur dan mendekorasi ulang ruangan di rumah bisa menjadi aktivitas seru dan menyenangkan di bulan Ramadhan, terlebih untuk mengisi waktu sambil...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved