Kamis, Oktober 24, 2024

Harkopnas ke 75 Dekopin Inisiasi Penanaman Sejuta Pohon Mangrove di 34 Provinsi

Bali, Trijaya News.id – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam rangkaian acara puncak Perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke- 75 diakhiri dengan kegiatan deklarasi gerakan penanaman 1 juta pohon magrove . Secara simbolis gerakan ini dimulai dengan menanam 75 pohon mangrove di Pantai Merta Sari Muntig Siokan, Sanur, Bali, Kamis (14/7).

Acara ini dihadiri langsung Ketua Umum Dekopin Sri Untari, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Anggota DPR RI, serta jajaran pengurus Dekopin dan Dekopinwil.

Menurut Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP, bahwa penanaman simbolis 75 pohon mangrove tersebut merupakan bentuk komitmen Dekopin dalam usianya yang ke 75 tahun, mengkampanyekan memilki kepedulian terhadap lingkungan hidup dan alam semesta.

“Menanam pohon adalah menanam kehidupan, karena pohon merupakan lambang kehidupan dan sahabat kita dalam hidup bersama-sama di alam raya. Ini merupakan bentuk bakti kita terhadap alam semesta,” ujarnya.

Kegiatan ini kata Sri Untari adalah tindak lanjut dari ratifikasi International Cooperative Alliance (ICA) pada 1992. Dimana koperasi harus berperan aktif dan bergerak dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan hidup.

“Selain kita berbicara tentang ekonomi. Kita juga harus bicara tentang lingkungan, agar lingkungan kita sebagai tempat hidup kita bisa terus-menerus mendukung kehidupan,” tandasnya.

Baca Juga :  BNI jadi Salah Satu Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Nasional pada HUT ke- 77

Terkait kegiatan penanaman pohon yang dilakukan simbolis ini, imbuh Sri Untari, setiap Dekopinwil akan melakukan kegiatan penanaman mangrove di 34 Provinsi di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama, mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbakti kepada alam semesta untuk menanam pohon sebagai simbol kehidupan. Penanaman pohon mangrove ini adalah para perempuan,” pungkas Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur tersebut.

Adapun Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap jajaran Dekopin dibawah kepemimpinan Sri Untari yang telah mencanangkan gerakan penanaman sejuta pohon mangrove yang dimulai di Pantai Sanur.

“Kegiatan ini pastinya bentuk dukungan Presidensi G20, yang mana bapak presiden telah menanam mangrove bersama jajaran kementerian, termasuk Forkopimda Bali. Beliau menanam mangrove di barat, nah kita juga menanam mangrove di sini,” jelas Jaya Negara.

Tentunya imbuh dia, kegiatan ini sekaligus dapat membantu Pemerintah Kota Denpasar untuk semakin memperbanyak lokasi Ruang Terbuka Hijau. Dengan semakin banyaknya keberadaan RTH ini menjadi bukti bahwa Dekopin memiliki kepedulian yang amat tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup.

“Selamat Hari Koperasi yang ke-75. Saya yakin koperasi di bawah kepemimpinan ibu Untari akan menjadi motor penggerak untuk gerakan ekonomi kerakyatan. Untuk pemulihan ekonomi dan kemajuan, mewujudkan misi menuju Indonesia maju,” tutup Jaya Negara.

Berita Terkini

Raih Peringkat 6 BUMN Penyumbang Pajak Terbesar 2023, BNI Optimistis Lanjutkan Kontribusi Buat Negara

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI masuk dalam top 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyumbang pajak terbesar. Bersama...

Dorong Kolaborasi Inovatif di Industri Jasa Keuangan, BNI Ventures Boyong 10 Startup Axel Arc di Tech in Asia Conference 2024

Trijayanews.id, Jakarta –PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, melalui anak usahanya, BNI Venture, memperkenalkan 10 startup peserta pitching demo day dari program...

Sejak 2008 LPDB-KUMKM telah Salurkan Dana Bergulir Rp19,11 Triliun

Trijayanews.id, Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) secara akumulasi sampai 30 September 2024, telah menyalurkan dana bergulir...

BNI dan BPJS Kesehatan Perluas Kerja Sama Tingkatkan Layanan Kesehatan Nasional

Trijayabews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperluas kerja sama, untuk meningkatkan kualitas...

BNI dan Mitra BNI Raih Sederet Penghargaan di Ajang Mitra BUMN Champion 2024

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, kembali meraih penghargaan bergengsi di ajang Mitra BUMN Champion 2024, yang digelar Kementerian...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved