Senin, Juni 17, 2024

Internet Sering Lemot? Yuk, Lakukan Tips Ini

JAKARTA, TrijayaNews.id – Koneksi internet saat ini sama pentingnya dengan penggunaan ponsel pintar. Tanpa internet, ponsel pintar Anda terasa membosankan. Pasalnya bisa dibilang, koneksi internet lah yang membuat ponsel cerdas Anda ‘hidup’.

Tentu akan sangat menyebalkan jika koneksi internet terganggu, misalnya menjadi lamban atau lemot. Sebenarnya, penyebab internet lemot itu tidak tunggal tapi banyak faktor.

Mulai dari infrastruktur internet, interferensi jaringan, penggunaan data, traffic yang tinggi, faktor pemilihan perangkat dan kerusakan perangkat, adanya faktor pengganggu di dalam ruangan dan lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih perangkat jaringan yang akan menghubungkan Anda ke layanan internet. Berikut adalah sejumlah tips dalam memilih router yang tepat, seperti dikutip dari siaran pers TP-Link, Minggu (12/7/2020).

Jumlah bandwidhth

Pertama agar penggunaannya mencukupi, perhitungkan jumlah bandwidth yang tersedia dengan jumlah perangkat yang akan menggunakan bandwidth tersebut. Rendahnya kecepatan akses internet dari Internet Service Provider (ISP) yang tidak sebanding dengan jumlah perangkat yang terhubung.

Misalnya, penggunaan paket internet 10 mbps yang dibagi untuk 10 perangkat di mana secara teori setiap perangkat akan mendapatkan kecepatan internet sebesar 1 Mbps. Hal ini penting untuk memastikan tidak terjadi bottleneck yang mengakibatkan tidak optimalnya penyaluran bandwidth dari ISP ke gateway.

Mendukung dual band

Pilih perangkat router yang mendukung dual band 2.4 GHz dan 5GHz agar performa lebih maksimal. Hal ini akan memengaruhi performa mengingat sekarang telah banyak perangkat yang mendukung dual band.

Baca Juga :   Toyota CH-R 2021 Dapat Edisi Khusus Nightshade

Pelajari penempatan router

Selanjutnya, pelajari topologi penempatan router yang optimal. Pasalnya, wireless dipancarkan melalui gelombang elektromagnetik melalui udara maka halangan fisik dengan tingkat densitas tertentu akan melemahkan tingkat kekuatan signal sehingga faktor peletakan perangkat harus diperhatikan.

Peraturan dasarnya adalah memastikan perangakat diletakkan di tengah ruangan dengan posisi berada pada ketinggian yang cukup agar tercipta kondisi line of sight antara pemancar dengan perangkat penerima tanpa ada halangan fisik.

Sesuaikan dengan aktivitas pengguna

Sebenarnya yang menjadi acuan dalam memilih router adalah aktivitas internet bukan jumlah user-nya. Misalnya, aktivitas online ringan seperti browsing, bermain social media, download dan chatting dapat menggunakan router entry level.

Tetapi jika kebutuhan online seperti online gaming dan streaming yang tersambung sudah berada di atas nilai 10 hingga maksimal 20, maka disarankan untuk menggunakan perangkat router mid-high yang memiliki kemampuan dual band.

Untuk pengguna dengan luas area kecil dapat menggunakan router kelas basic/entry dengan memerhatikan batasan jumlah user dan kecepatan akses yang dimiliki. Untuk area yang cukup luas dengan dinding tebal dapat menggunakan router high power. Semua itu kembali ke kebutuhan pengguna.

Berita Terkini

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Sugeng Teguh Santoso: Meski Kejagung RI Membantah, KSST Tetap Meyakini Terjadi Dugaan Korupsi Dalam Lelang Saham PT. GBU yang Merugikan Negara Sedikitnya Sebesar Rp....

JAKARTA, TrijayaNews.id -- Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Tambang (KSST) tidak mempermasalahkan bantahan Kapuspenkum Kejagung, yang mendalilkan pelaporan terhadap Jampidsus keliru. “Kami memiliki bukti dan alasan...

Penelitian Manfaat Ikan Gabus Tembus Scientific Reports, Angka Stunting Sergai Turun 7 Persen

MEDAN, TrijayaNews.id – Penelitian Manfaat Ikan Gabus untuk mencegah stunting yang dilakukan oleh Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC), Universitas Bina Nusantara (Binus)...

Keluarga Sultan Deli Bantah Nurhayati Turunan Sultan

Serdang Begadai, TrijayaNews.id - Konflik antara Nurhayati dengan masyarakat Dusun IV Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara yang sudah menduduki tanah...

Sentra Terpadu Inten Soeweno Bantu Korban Banjir di Tanah Datar

PADANG, TrijayaNews.id - Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA),...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved