Kamis, November 28, 2024

Mensos Ajak Dunia Usaha Optimalkan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Penanganan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong-royong dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk dari kalangan dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

JAKARTA, TrijayaNews.id  – Penanganan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong-royong dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk dari kalangan dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Menteri Sosial Juliari P Batubara menyambut positif peran dunia usaha melalui CSR untuk mewujudkan kesesejahteraan sosial, ” ujar Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto usai membacakan sambutan Menteri Sosial pada Rakernas Forum CSR Kesos Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Rakernas tahun ini bertema, “Mewujudkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang berkelanjutan di masa adaptasi kebiasaan baru untuk Indonesia Maju”.

Dengan adanya forum CSR, kata Edi, akan menjadi suatu kemitraan strategis dan harmonis antara Kementerian Sosial, Forum CSR serta dunia usaha.

“Namun, terpenting adalah branding khas Forum CSR kesejahteraan sosial akan fokus pada kegiatan yang terpusat untuk menyentuh kebutuhan-kebutuhan dan hak-hak azasi dari warga PPKS, ” terang Edi.

Pemenuhan berbagai kebutuhan dan hak azasi dari warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), dalam lingkup anak terlantar, lanjut usia (lansia), serta penyandang disabilitas.

Baca Juga :  Siap Diluncurkan, 10 Juta Peserta PKH akan Terima Bantuan Sosial Beras

“Inilah yang akan menjadi core bussiness dari Forum CSR, dan di daerah sudah berjalan, seperti saat pembagian sembako bagi warga terdampak pandemi dan upaya pencegahan Covid-19, ” tandas Edi.

Ke depan, perlu ditingkatkan upaya-upaya penguatan ekonomi dengan kerjasama antara Kemensos dengan Forum CSR, terlebih pada saat memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

“Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru terjadi penurunan daya beli dan kemiskinan naik. Tentu saja, fokus Forum CSR selain melanjutkan bantuan sosial juga mengarahkan upaya meningkatkan pemberdayaan sosial bagi warga PPKS, ” pungkas Edi.

Melalui Rakernas ini diharapkan mampu merumuskan strategi terbaik untuk CSR Kesejahteraan Sosial berkelanjutan pada masa kebiasaan normal baru, serta indikator hasil praktek kesejahteraan sosial secara komprehensif.

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial; Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat; Kadinsos Provinsi dan Kabupaten; Ketua Umum Forum CSR Kesos Nasional; Ketua Forum CSR Kesos tingkat Provinsi; serta para pemateri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved