Senin, Juni 17, 2024

Mensos Ajak Dunia Usaha Optimalkan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Penanganan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong-royong dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk dari kalangan dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

JAKARTA, TrijayaNews.id  – Penanganan Covid-19 perlu dilakukan secara gotong-royong dengan melibatkan semua pihak terkait, termasuk dari kalangan dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

“Menteri Sosial Juliari P Batubara menyambut positif peran dunia usaha melalui CSR untuk mewujudkan kesesejahteraan sosial, ” ujar Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto usai membacakan sambutan Menteri Sosial pada Rakernas Forum CSR Kesos Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Rakernas tahun ini bertema, “Mewujudkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang berkelanjutan di masa adaptasi kebiasaan baru untuk Indonesia Maju”.

Dengan adanya forum CSR, kata Edi, akan menjadi suatu kemitraan strategis dan harmonis antara Kementerian Sosial, Forum CSR serta dunia usaha.

“Namun, terpenting adalah branding khas Forum CSR kesejahteraan sosial akan fokus pada kegiatan yang terpusat untuk menyentuh kebutuhan-kebutuhan dan hak-hak azasi dari warga PPKS, ” terang Edi.

Pemenuhan berbagai kebutuhan dan hak azasi dari warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), dalam lingkup anak terlantar, lanjut usia (lansia), serta penyandang disabilitas.

Baca Juga :   Permukimam Baduy Kebakaran, Bupati Lebak: Terima Kasih Kemensos Telah Salurkan Bantuan

“Inilah yang akan menjadi core bussiness dari Forum CSR, dan di daerah sudah berjalan, seperti saat pembagian sembako bagi warga terdampak pandemi dan upaya pencegahan Covid-19, ” tandas Edi.

Ke depan, perlu ditingkatkan upaya-upaya penguatan ekonomi dengan kerjasama antara Kemensos dengan Forum CSR, terlebih pada saat memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

“Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru terjadi penurunan daya beli dan kemiskinan naik. Tentu saja, fokus Forum CSR selain melanjutkan bantuan sosial juga mengarahkan upaya meningkatkan pemberdayaan sosial bagi warga PPKS, ” pungkas Edi.

Melalui Rakernas ini diharapkan mampu merumuskan strategi terbaik untuk CSR Kesejahteraan Sosial berkelanjutan pada masa kebiasaan normal baru, serta indikator hasil praktek kesejahteraan sosial secara komprehensif.

Turut hadir pada acara tersebut, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial; Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat; Kadinsos Provinsi dan Kabupaten; Ketua Umum Forum CSR Kesos Nasional; Ketua Forum CSR Kesos tingkat Provinsi; serta para pemateri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Penelitian Manfaat Ikan Gabus Tembus Scientific Reports, Angka Stunting Sergai Turun 7 Persen

MEDAN, TrijayaNews.id – Penelitian Manfaat Ikan Gabus untuk mencegah stunting yang dilakukan oleh Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC), Universitas Bina Nusantara (Binus)...

Keluarga Sultan Deli Bantah Nurhayati Turunan Sultan

Serdang Begadai, TrijayaNews.id - Konflik antara Nurhayati dengan masyarakat Dusun IV Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara yang sudah menduduki tanah...

Sentra Terpadu Inten Soeweno Bantu Korban Banjir di Tanah Datar

PADANG, TrijayaNews.id - Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA),...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved