Kamis, November 28, 2024

Perhatikan Keaktifan Peserta, BPJS Kesehatan Gelar Program Relaksasi Tunggakan

Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan mengatur bahwa peserta dapat dihentikan sementara kepesertaannya pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ketika peserta tidak membayarkan iurannya.

Jakarta, TrijayaNews.id – Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan mengatur bahwa peserta dapat dihentikan sementara kepesertaannya pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ketika peserta tidak membayarkan iurannya. Pada masa pandemi covid-19 yang merambah masyarakat Indonesia, banyak peserta merasa kesulitan dalam membayar tunggakan iuran Program JKN-KIS. Hal inilah yang menjadi dasar BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan relaksasi tunggakan.

“Program Relaksasi Tunggakan pada dasarnya adalah program yang memberikan keringanan pembayaran tunggakan bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), serta Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan dengan sisa tunggakan yang wajib dilunasi paling lambat Desember 2021,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang, pada saat ditemui Jumat (16/10).

Fitria menjelaskan Program Relaksasi Tunggakan ini juga merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Program ini ditujukan bagi Peserta PBPU dan PPU badan usaha yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan dengan melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku pada kanal pendaftaran yang telah ditetapkan, dan melakukan pembayaran tagihan relaksasi tunggakan pada bulan berjalan.

Baca Juga :  Sharp Indonesia Luncurkan Face shield Premium di Masa PPKM

“Pelaksanaan Program Relaksasi Tunggakan jika dapat dilaksanakan ssecara optimal oleh peserta yang menjalankan prosedur yang telah ditetapkan dengan baik maka dapat meningkatkan peluang keaktifan peserta JKN-KIS. Sehingga peserta dapat terjamin kesehatannya dan tetap mendapatkan jaminan akses layanan kesehatan di Rumah Sakit,” tutur Fitria.

Fitria menyebutkan peserta bahkan tidak perlu ke kantor cabang untuk dapat mengajukan Program Relaksasi Tunggakan karena pengajuan dapat dilakukan melalui kanal tanpa tatap muka BPJS Kesehatan, yaitu untuk PBPU dapat mengajukan melalui Aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400, dan Petugas Telecollecting. Sementara untuk Peserta PPU Badan Usaha dapat mengajukan Relaksasi Tunggakan melalui Aplikasi Edabu yang sudah dimiliki oleh masing-masing badan usaha yang terdaftar pada kepesertaan Program JKN-KIS.

“Kami berharap Program Relaksasi Tunggakan ini dapat meringankan beban peserta pada masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu juga dapat membantu kepesertaan mereka menjadi aktif kembali, sehingga mereka dapat memanfaatkan Program JKN-KIS khususnya pada saat mereka membutuhkan jaminan kesehatan atas pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan,” tutup Fitria.

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved