Selasa, April 16, 2024

KemenKopUKM Dukung Pengembangan Lima Produk Destinasi Wisata Danau Toba

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM diminta oleh Presiden Jokowi, untuk mempersiapkan 5 produk pariwisata yang melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

SIMALUNGUN, TrijayaNews.id – Pemerintah mendorong sektor pariwisata kembali menggeliat, ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu, kerjasama lintas kementerian dan pemerintah daerah diperlukan untuk mendukung bangkitnya pariwisata Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM diminta oleh Presiden Jokowi, untuk mempersiapkan 5 produk pariwisata yang melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurutnya, agar destinasi wisata Danau Toba kembali bergairah, maka homestay di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, akan dilibatkan untuk menyambut wisatawan

“Kami mendapat tugas dari Presiden untuk menyiapkan lima produk wisata yang banyak melibatkan UMKM, salah satunya adalah homestay dan di Parapat ini  homestay sangat potensial sebagai bagian dari destinasi wisata Danau Toba,” ujar MenKopUKM Teten Masduki,  dalam kunjungan kerjanya di Parapat Kab Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (25/8).

Teten Masduki menjelaskan, kunjungan kerja tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah, menyiapkan Parapat menjadi bagian untuk kemajuan destinasi wisata Danau Toba. Selain homestay, kata Teten, produk wisata lain yang disiapkan adalah kuliner, oleh-oleh, wisata alam dan supply kebutuhan keempat produk wisata itu.

Ia mengakui, saat berdialog dengan pelaku UMKM di Parapat, telah sudah ada perkembangan yang bagus, terkait market kelas menengah kebawah, diantaranya souvenir, restoran, dengan harga terjangkau.

“Pendekatan pasar dari UMKM disini sudah cukup bagus. Market disini adalah menengah kebawah, sehingga harga produk UMKM seperti sovenir, restoran atau cafe juga menyesuaikan sesuai yang bisa terjangkau oleh pasar atau para wisatawan,”katanya.

Baca Juga :   Fintech Harus jadi Bagian Pendukung Proses Hilirisasi UMKM, Sebut MenkopUKM

MenKopUKM berharap, masyarakat di wilayah Parapat dapat berkontribusi mendukung pariwisata, dengan menyediakan satu atau dua kamar sebagai homestay bagi wisatawan. Dengan demikian, masyarakat juga bisa menikmati dampak positif dari perkembangan pariwisata di Danau Toba.

“Saya juga menyarankan agar mereka para pemilik homestay untuk  berkoperasi, sehingga pendampingan dan pembinaan dari pemerintah akan lebih mudah ” ujarnya.

Menurut Teten, diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk mewujudkan kemajuan destinasi pariwisata. MenkopUKM menegaskan, pihaknya siap untuk memberikan pelatihan sumber daya manusia (SDM) agar masyarakat dapat mengelola pariwisata di Parapat.

“Di Parapat ini, kerjasama dan keterlibatan Pemda dalam estate manajemen perlu. Misalnya bagaimana penataan UMKM, tempat kuliner, arus lalu lintas dan sebagainya sehingga wilayah ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Kami bisa membantu pelatihan SDM supaya penduduk Parapat bisa lebih bagus lagi dalam mengelola destinasi wisata. Kami juga akan mengajak Kementerian lain seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian BUMN untuk mensupport Pemda dalam mengelola destinasi wisata,” kata Teten.

Alunan Musik Gondang

MenKopUKM Teten Masduki menyempatkan diri untuk menikmati alunan irama tetabuhan yang menyambut kehadirannya di lokasi pedagang UKM souvenir di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Seperangkat tetabuhan dibunyikan oleh sejumlah 5 orang seniman lokal untuk menyambut kehadiran MenKopUKM dan rombongan. Selama lebih kurang 10 menit, Teten Masduki terlihat menikmati alunan tetabuhan yang khas disebut “gondang” dalam bahasa batak.

Baca Juga :   Menteri Teten Bakal Efektifkan PLUT KUKM di Palu Agar Fokus Kembangkan Keunggulan Domestik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Strategi Kebijakan Hilirisasi Migas dan Minerba yang Efektif untuk Indonesia

JAKARTA, TrijayaNews.id - Kebijakan hilirisasi minyak dan gas (migas) serta mineral batubara (minerba) menjadi salah satu fokus pemerintah untuk mengoptimalkan sumber daya alam. Selain...

Bank DKI Terima Apresiasi Sebagai Mitra Strategis 2023 Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono melakukan ramah tamah dengan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi...

Komunitas Rumah Bunga Matahari Rumah Harapan Rayakan Indahnya Ramadhan bersama teman-teman Disabilitas

Trijayanews.id - Dalam rangka merayakan indahnya bulan suci Ramadhan, hari Minggu 24 Maret 2024 Bunga Matahari Rumah Harapan mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman...

Bank DKI Ambil Bagian dalam Program SERAMBI Bank Indonesia 2024

Direktur Teknologi dan Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono (baris pertama, memegang bendera), disaksikan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank...

Ciptakan Nuansa Baru di Bulan Ramadhan

Jakarta, TrijayaNews.id– Memilih furnitur dan mendekorasi ulang ruangan di rumah bisa menjadi aktivitas seru dan menyenangkan di bulan Ramadhan, terlebih untuk mengisi waktu sambil...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved