Minggu, Juli 14, 2024

MenkopUKM Tekankan Pentingnya Konsep Bisnis Bagi Peternak Domba dan Kambing

TrijayaNews.id, Bandung – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya konsep bisnis bagi para peternak domba dan kambing di tanah air, termasuk memperkuat kelembagaan usahanya.

Menurutnya, para peternak domba dan kambing di Indonesia sudah memiliki organisasi yang sangat baik, salah satunya Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

“HPDKI organisasi yang keren, bukan hanya mengurusi pemuliaan genetik tapi juga punya pengembangan model bisnis, karena memang para peternak kecil butuh kelembagaan,” ujar Teten dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke-9 & Piala Presiden Seni Budaya Domba dan Kambing Tahun 2023 di Bandung, Sabtu (16/9).

Lanjut Teten, kontes domba dan kambing seperti yang digagas oleh HPDKI ini juga baik bagi para peternak untuk ajang bertukar pikiran, sekaligus menunjukkan keberhasilan mereka agar menjadi motivasi bagi para peternak lain dalam mengembangkan ternaknya.

“Ajang seperti ini bagus sekali, dari sini Pemerintah akan mengambil domba dan kambing unggulan untuk dikembangkan dan disebarluaskan sehingga akan jadi sumber indukan, di luar negeri juga sama konsepnya,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengajak HPDKI dan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendorong dan memperkuat kelembagaan usaha peternak domba dan kambing melalui koperasi, agar dapat dikoneksikan dengan sumber pembiayaan. “Sektor riilnya di Kementan, kami bantu pengembangan usahanya melalui koperasi,” jelas Teten.

Menteri Teten mengungkapkan, Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap nasib peternak domba dan kambing, apalagi karena domba dan kambing merupakan sumber protein hewani yang paling potensial untuk dikembangkan dalam skala ekonomi peternak kecil.

Baca Juga :   Berkat Program PEN, Usaha Debitur KUR Bank Mandiri Kembali Bangkit

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah mengatakan, perlu ada peta jalan dalam upaya pembibitan domba dan kambing di Indonesia. “Ini harus dibuatkan peta jalan agar peternak mendapatkan akses bibit berkualitas dalam pengembangan domba dan kambing,” ucap Nasrullah.

Ia mengungkapkan perkembangan usaha domba dan kambing di tanah air tumbuh pesat, mencapai 103% per tahun. Namun ia berpendapat akselerasi dalam meningkatkan komoditas ini masih diperlukan.

“Peternakan domba dan kambing juga diarahkan pada orientasi bisnis. Kami sampaikan kebutuhan itu dan menjadi support untuk membuat program ini lebih akseleratif,” kata Nasrullah.

Sementara itu, Ketua Umum HDPKI Yudi Guntara menuturkan, acara silatnas dan piala presiden ini menjadi momentum bagi para peternak domba dan kambing di tanah air untuk berkumpul dan bersilaturahmi setelah COVID-19 dan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melanda.

“Agenda ini dihadiri oleh 1.000 orang termasuk mahasiswa peternakan, bahkan mereka yang hadir tidak hanya peternak dari Pulau Jawa, tapi juga berasal dari luar Pulau Jawa,” kata Yudi.

Ia berharap, selain memberikan penghargaan bagi para peternak berprestasi, hadirnya pemerintah dalam acara ini juga memberikan dukungan nyata kepada para peternak dalam mengembangkan sektor peternakan domba dan kambing di Indonesia.**

Berita Terkini

Ketum Dekopin: Kalau Pemerintah Berikan TKDN 40 Persen Mestinya Koperasi Diberikan Tempat

  TrijayaNews.id, Jakarta - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno, di antara sambutannya pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), 12 Juli 2024...

HUT Ke-77 Koperasi, Dekopin Tekankan Modernisasi dan Kemandirian Koperasi

JAKARTA, TrijayaNews.id - Koperasi merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia yang memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi masyarakat, khususnya di pedesaan. Koperasi...

Dalam Rangkaian HUT Koperasi ke 77 Keberpihakan Pemerintah Terhadap Koperasi Masih Dipertanyakan

Trijaya.id, Jakarta - Keren tema peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 77, yakni “Koperasi Maju Indonesia Emas”. Ada makna luar biasa. Faktanya, koperasi menurut...

Meriah Peluncuran dan Pentas Apresiasi Buku Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina

Trijayanews.id, Purwokerto - Peluncuran dan pentas apresiasi buku berjudul Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina, bertempat di Lantai 2, Arpusda Kabupaten Banyumas, Jalan Jenderal Gatot...

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved