Rabu, Agustus 10, 2022

Peringatan Hari Pahlawan, KemenKopUKM Berharap Terwujudnya Koperasi Kreatif pada Kupang Online Festival Tahun 2021

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu usaha yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Setidaknya 84.42% pelaku ekraf mengaku terdampak akibat pandemi. Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menetapkan, tahun 2021 menjadi momen pembangunan berkelanjutan terkait ekonomi kreatif.

JAKARTA, TrijayaNews.id – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu usaha yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Setidaknya 84.42% pelaku ekraf mengaku terdampak akibat pandemi. Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menetapkan, tahun 2021 menjadi momen pembangunan berkelanjutan terkait ekonomi kreatif. Bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri telah menetapkan 2021 sebagai Tahun Ekonomi Kreatif pada Sidang Majelis Umum PPB, November 2019 di New York.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, potensi ekonomi kreatif Indonesia secara GDP mencapai 7,44% dari total ekonomi nasional sekitar Rp1.100 triliun dan menyerap 14,28% tenaga kerja. Menurutnya, ada 8,2 juta perusahaan industri kreatif dengan nilai ekspor 20 miliar USD (Rp285 T), atau meningkat 3,23% dari tahun sebelumnya.

“Ini membuktikan pentingnya kolaborasi dalam peningkatan perekonomian masyarakat seperti pada Kupang Online Festival. Pelaku ekraf berpotensi muncul sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional. Dikarenakan ekraf bermodalkan kekayaan intelektual serta penciptaan nilai tambah,” tegas MenKopUKM Teten Masduki yang diwakili oleh Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM, Siti Azizah, dalam acara Kupang Online Festival Tahun 2021, di Jakarta, Rabu (10/10/2021).

Hadir Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Walikota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore, Ketua DPRD Kupang Yeskial Loudoe, Ketum ICCN Fiki Satari, Kepala Perwakilan BI Kupang I Nyoman Ariawan Atmaja, dan Kadis Pariwisata Kupang Josefina M.D. Getha.

Menurut Siti Azizah, koperasi kreatif menjadi semakin relevan dengan milenial, karena sangat inklusif serta berperan sebagai agregator. Pihaknya tengah mendorong terciptanya koperasi kreatif film, melalui pembiayaan dari LPDB-KUMKM.

“Contoh koperasi kreatif yang sedang kita dorong tercipta saat ini adalah koperasi kreatif film, motor kustom, hingga koperasi desain. Pembiayaan dibantu melalui LPDB-KUMKM yang saat ini menyalurkan 100% dana bergulir melalui koperasi,” katanya.

Baca Juga :   UMKM Indonesia Bisa Naik Kelas Dengan Teknologi Digital

Ia menjelaskan, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, UKM Kreatif optimis menjadi pahlawan ekonomi di era digitalisasi.

“Hari ini tepat tanggal 10 November, kita memperingati sebagai Hari Pahlawan dan tepat kalau saat ini kita sematkan UKM kreatif menjadi pahlawan ekonomi di era digitalisasi, dan saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Kupang Online Festival Tahun 2021,” ujarnya.

KemenKopUKM berharap kegiatan ini dapat tercipta ide-ide brilian serta kolaborasi strategis dalam pengembangan ekraf Indonesia, serta pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu Ketua Umum ICCN sekaligus Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif, Fiki Satari mengatakan, Kupang adalah hub strategis bagi potensi pariwisata NTT, apalagi merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Ekonomi Kreatif NTT dengan kain tenun memiliki potensi luar biasa.

“Ekonomi Kreatif merupakan potensi luar biasa khususnya sektor kriya dengan tenunnya,” katanya.

Menurutnya, ekosistem ekonomi kreatif NTT akan menjadi ujung tombak perekonomian, mulai dari menjahit, SDM hingga industri telah beradaptasi dengan teknologi.

“Dengan Ekosistem ekraf. Menjahit, SDM unggul sampai dengan industri telah adaptasi teknologi. Dapat lebih berdaya, bahkan menjadi ujung tombak perekonomian NTT,” tambahnya.

Ia berharap, penguatan pemberdayaan komunitas kreatif ditingkatkan, karena memiliki peran strategis.

Baca Juga :   Dunia Melihat UMKM Indonesia Untuk Perkuat Ekonomi Hijau

“Kita sedang mengenalkan sinergi dengan pemangku kepentingan kreatif,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

BEIJING, TrijayaNews.id - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved