Senin, Juni 17, 2024

Ini Sejumlah Tempat Wisata di Jakarta yang Akan Buka Saat PSBB Transisi

JAKARTA, Trijayanews.id – New Normal akan menjadi gaya hidup bagi wisatawan untuk berwisata. Tempat wisata akan menerapkan protokol kesehatan.

Dengan ditetapkannya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta untuk menyambut normal baru (new normal), sejumlah tempat wisata seperti museum dan lainnya akan segera beroperasi kembali.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memperbolehkan museum, perpustakaan, taman/RPTRA, dan pantai untuk dibuka kembali pada 8-14 Juni. Sementara mal, taman rekreasi dan kebun binatang dapat beroperasi kembali pada 15-21 Juni.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar destinasi wisata di wilayah Jabodetabek yang segera dibuka kembali.

  1. Ancol

Manajemen Ancol tengah melakukan berbagai persiapan protokol khusus yang akan menjadi standar baru dalam pelayanannya, menyusul pembukaan kembali pada tanggal 20 Juni 2020 yang sesuai dengan peraturan, seperti menerapkan ticketing daring, pembayaran nontunai, pembatasan jumlah pengunjung, dan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

  1. Kota Tua Jakarta

Museum-museum di Kota Tua, Jakarta Barat, sudah mulai buka di pekan kedua masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Museum-museum di dalamnya seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Wayang, bisa dikunjungi, namun dengan membatasi kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan kembali buka pada tanggal 20 Juni 2020 dengan membatasi jumlah wisatawan hingga sepertiga dari kapasitas tampung saat pemberlakuan normal baru.

Baca Juga :   Bibir Kering, Atasi dengan 4 Cara Praktis Ini

Selama penerapan kenormalan baru, TMII akan menutup sementara wahana dalam ruangan tertutup, seperti bioskop Keong Mas dan wahana air. Sementara wahana di luar ruangan seperti kereta gantung, Anjungan Nusantara, dan Taman Burung akan dibuka.

Jam operasional TMII juga mengalami perubahan menjadi pukul 08.00-20.00 WIB untuk pintu masuk. Untuk wahana di dalam TMII pukul 08.00-16.00 WIB.

  1. Monumen Nasional

Monumen Nasional (Monas) akan kembali dibuka saat PSBB masa transisi. Rencananya Monas dibuka pada minggu ketiga antara 15-21 Juni.

Monas akan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

  1. Museum dan Galeri

Museum Perumusan Naskah Proklamasi dilaporkan akan membuka layanannya pada Selasa 9 Juni, dengan pembatasan jumlah pengunjung, serta menyiapkan sejumlah alat protokol kesehatan standar.

Sementara, Galeri Nasional juga diberitakan tengah bersiap untuk kembali membuka kunjungan bagi publik, tentunya dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ada.

  1. Taman Marga Satwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, dibuka kembali untuk umum mulai Minggu, 20 Juni 2020. Pembukaan ini yang pertama kali usai ditutup sementara selama kurang lebih tiga bulan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Fase pertama pembukaan Ragunan 20-28 Juni 2020. Pengunjung wajib melakukan daftar online agar jumlah kunjungan bisa dibatasi.

Berita Terkini

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Sugeng Teguh Santoso: Meski Kejagung RI Membantah, KSST Tetap Meyakini Terjadi Dugaan Korupsi Dalam Lelang Saham PT. GBU yang Merugikan Negara Sedikitnya Sebesar Rp....

JAKARTA, TrijayaNews.id -- Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Tambang (KSST) tidak mempermasalahkan bantahan Kapuspenkum Kejagung, yang mendalilkan pelaporan terhadap Jampidsus keliru. “Kami memiliki bukti dan alasan...

Penelitian Manfaat Ikan Gabus Tembus Scientific Reports, Angka Stunting Sergai Turun 7 Persen

MEDAN, TrijayaNews.id – Penelitian Manfaat Ikan Gabus untuk mencegah stunting yang dilakukan oleh Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC), Universitas Bina Nusantara (Binus)...

Keluarga Sultan Deli Bantah Nurhayati Turunan Sultan

Serdang Begadai, TrijayaNews.id - Konflik antara Nurhayati dengan masyarakat Dusun IV Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara yang sudah menduduki tanah...

Sentra Terpadu Inten Soeweno Bantu Korban Banjir di Tanah Datar

PADANG, TrijayaNews.id - Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA),...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved