Minggu, Juli 14, 2024

BAZNAS Luncurkan Buku Pemberdayaan Peternak

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Materi Pendampingan.

JAKARTA, TrijayaNews.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara bedah buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Materi Pendampingan. Buku ini berisi tahapan umum program pemberdayaan peternak mustahik dan panduan teknis pelaksanaan setiap tahapan program. Sedangkan buku Materi Pendampingan berisi materi tentang pengetahuan dan pemahaman program BAZNAS dan konsep program Balai Ternak.

Digelar secara online melalui kanal youtube BAZNAS TV, Jumat, (16/10) hadir dalam acara tersebut, Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti, MP, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Ir. Sugiono, MP, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik PhD, Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, drh. Ajat Sudarjat, Pendamping Program Balai Ternak BAZNAS, Indra Sofwatama, S.Pt dan Gagan Setiawan, S.Pt.

Dalam sambutannya, Nana Mintarti mengatakan bahwa pemberdayaan peternak adalah konsep yang fundamental yang bisa mendorong berjalannya program dengan baik serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan ekonomi mustahik.

“Diharapkan bagi teman-teman pendamping dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan menjalankan program sehingga terwujudnya aspek kelembagaan peternak, basis perubahaan sosial, kontribusi secara nasional, dan semua peternak dapat akses yang sama baik keilmuan, sosial, dan kelembagaan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian RI, Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS yang terus bergerak maju dalam meningkatkan kesejahteraan bagi peternak.

“Melalui dukungan dari BAZNAS dengan pemberdayaan peternak ini, tentunya dapat meningkatkan populasi nasional. Dunia peternakan menjadi salah satu sektor ekonomi di masa depan yang menunjang perekenomian Indonesia,” katanya.

Kepala Lembaga Program Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS, Ajat Sudarjat menambahkan bahwa Balai Ternak BAZNAS yang diinisiasi oleh BAZNAS ini menerapkan konsep peternakan dan pemberdayaan.

Baca Juga :   Skill Academy Sumbangkan Seluruh Pemasukan dari Program Kartu Prakerja untuk Penanganan COVID-19

“Dalam sektor peternakan menjalankan konsep pembiakan untuk peningkatan populasi dan menjaga stabilitas suplai ternak nasional dalam bentuk sentra produksi ternak dan peningkatan pendapatan peternak. Sedangkan konsep pemberdayaan melalui dana zakat meliputi kegiatan pendampingan dengan model pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Ajat  berharap dengan adanya Buku Panduan Program Balai Ternak BAZNAS dan Buku Materi Pendampingan ini dapat mewujudkan pencapaian tujuan Kemandirian Peternak Mustahik dari tiga aspek yaitu aspek ekonomi, kelembagaan dan mental spiritual.

Kumpulan Materi Pendampingan Program Balai Ternak BAZNAS terdiri dari 12 bab mulai dari membangun kemandirian secara lembaga melalui materi pada bab kelompok, keuangan, administrasi, koperasi, dan mengenai Lembaga BAZNAS.

Selain itu juga berisi tentang bagaimana membangun kemandirian secara ekonomi melalui materi peternakan seperti manajemen kesehatan, manajemen reproduksi, pakan, dan pengolahan hasil peternakan.

Terakhir juga membangun karakter dan peningkatan ibadah melalui materi mental spiritual, Agama Islam, dan lingkungan.

Balai Ternak BAZNAS merupakan program pemberdayaan peternak mustahik yang diinisiasi BAZNAS dalam meningkatkan perekenomian mustahik. Program Balai Ternak yang dikelola oleh Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) sudah memasuki tahun kedua.

Pada fase ini, selain menjadi fase awal tahapan pertumbuhan, pengembangan usaha dan persiapan pemandirian, juga memasuki tahapan awal replikasi program di BAZNAS Provinsi dan BAZNAS kabupaten atau kota.  Balai Ternak BAZNAS saat ini tersebar di 11 kabupaten atau kota dengan total penerima manfaat sebanyak 456 peternak mustahik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Ketum Dekopin: Kalau Pemerintah Berikan TKDN 40 Persen Mestinya Koperasi Diberikan Tempat

  TrijayaNews.id, Jakarta - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno, di antara sambutannya pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), 12 Juli 2024...

HUT Ke-77 Koperasi, Dekopin Tekankan Modernisasi dan Kemandirian Koperasi

JAKARTA, TrijayaNews.id - Koperasi merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia yang memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi masyarakat, khususnya di pedesaan. Koperasi...

Dalam Rangkaian HUT Koperasi ke 77 Keberpihakan Pemerintah Terhadap Koperasi Masih Dipertanyakan

Trijaya.id, Jakarta - Keren tema peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 77, yakni “Koperasi Maju Indonesia Emas”. Ada makna luar biasa. Faktanya, koperasi menurut...

Meriah Peluncuran dan Pentas Apresiasi Buku Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina

Trijayanews.id, Purwokerto - Peluncuran dan pentas apresiasi buku berjudul Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina, bertempat di Lantai 2, Arpusda Kabupaten Banyumas, Jalan Jenderal Gatot...

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved