Senin, Juni 17, 2024

Menkeu Thailand Mengundurkan Diri di Tengah Covid-19

BANGKOK, TrijayaNews.id – Menteri Keuangan Thailand, Uttama Savanayana, mengundurkan diri. Keputusan tersebut cukup mengejutkan karena Thailand tengah berjuang untuk pulih dari krisis akibat Covid-19.

Selain Uttama, Wakil Perdana Menteri bidang ekonomi, Somkid Jatusripitak juga mengundurkan diri. Langkah pengunduran diri kedua tokoh sentral dalam tim ekonomi Thailand membuat investor cemas soal penggantinya.

Mundurnya Uttama terjadi ketika pemerintah tengah mengeluarkan stimulus ekonomi agar bisa keluar dari ancaman resesi. Pandemi Covid-19 telah memukul sektor perekonomian Negeri Gajah Putih, khususnya pariwisata.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk saya mengundurkan diri, ini adalah keputusan yang saya rasa tepat, dan tidak ada tekanan apa pun dalam keputusan ini,” ujarnya dilansir Reuters, Kamis (16/7/2020).

Selain mundur dari jabatan sebagai menkeu, Uttama juga mundur dari Partai Palang Pracharat setelah posisinya sebagai ketua umum diganti oleh Prayuth Chan Och yang kini menjadi Perdana Menteri Thailand.

Baca Juga :   Indonesia-Portugal Bahas Peluang Kerja Sama Bilateral di Sektor Parekraf

Dia mengatakan, keputusan mundur untuk mengurangi potensi gesekan politik, terutama dengan PM Prayuth. Selain itu, pengunduran diri itu juga mengakhiri spekulasi perombakan kabinet yang santer beredar.

PM Prayuth mengaku akan merombak kabinet sekitar Agustus, lebih cepat daripada rencana awal September.

“Kita harus merombak kabinet, supaya tidak ada celah. Itu harus dilakukan secepat mungkin, paling lambat bulan depan,” kata Prayuth.

Presiden Asosiasi Bankir Thailand, Predee Daochai, diprediksi akan menjadi menteri keuangan berikutnya. Wakil Menteri Keuangan Santi Promphat akan mengisi posisi menkeu untuk sementara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Penelitian Manfaat Ikan Gabus Tembus Scientific Reports, Angka Stunting Sergai Turun 7 Persen

MEDAN, TrijayaNews.id – Penelitian Manfaat Ikan Gabus untuk mencegah stunting yang dilakukan oleh Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC), Universitas Bina Nusantara (Binus)...

Keluarga Sultan Deli Bantah Nurhayati Turunan Sultan

Serdang Begadai, TrijayaNews.id - Konflik antara Nurhayati dengan masyarakat Dusun IV Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara yang sudah menduduki tanah...

Sentra Terpadu Inten Soeweno Bantu Korban Banjir di Tanah Datar

PADANG, TrijayaNews.id - Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) dan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial dan Non Alam (PSKBSNA),...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved