Rabu, Agustus 10, 2022

Menkeu Thailand Mengundurkan Diri di Tengah Covid-19

BANGKOK, TrijayaNews.id – Menteri Keuangan Thailand, Uttama Savanayana, mengundurkan diri. Keputusan tersebut cukup mengejutkan karena Thailand tengah berjuang untuk pulih dari krisis akibat Covid-19.

Selain Uttama, Wakil Perdana Menteri bidang ekonomi, Somkid Jatusripitak juga mengundurkan diri. Langkah pengunduran diri kedua tokoh sentral dalam tim ekonomi Thailand membuat investor cemas soal penggantinya.

Mundurnya Uttama terjadi ketika pemerintah tengah mengeluarkan stimulus ekonomi agar bisa keluar dari ancaman resesi. Pandemi Covid-19 telah memukul sektor perekonomian Negeri Gajah Putih, khususnya pariwisata.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk saya mengundurkan diri, ini adalah keputusan yang saya rasa tepat, dan tidak ada tekanan apa pun dalam keputusan ini,” ujarnya dilansir Reuters, Kamis (16/7/2020).

Selain mundur dari jabatan sebagai menkeu, Uttama juga mundur dari Partai Palang Pracharat setelah posisinya sebagai ketua umum diganti oleh Prayuth Chan Och yang kini menjadi Perdana Menteri Thailand.

Dia mengatakan, keputusan mundur untuk mengurangi potensi gesekan politik, terutama dengan PM Prayuth. Selain itu, pengunduran diri itu juga mengakhiri spekulasi perombakan kabinet yang santer beredar.

PM Prayuth mengaku akan merombak kabinet sekitar Agustus, lebih cepat daripada rencana awal September.

“Kita harus merombak kabinet, supaya tidak ada celah. Itu harus dilakukan secepat mungkin, paling lambat bulan depan,” kata Prayuth.

Presiden Asosiasi Bankir Thailand, Predee Daochai, diprediksi akan menjadi menteri keuangan berikutnya. Wakil Menteri Keuangan Santi Promphat akan mengisi posisi menkeu untuk sementara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved