Rabu, Agustus 10, 2022

Hasil Studi: China Punya 320 Senjata Nuklir, India 150 Senjata Pemusnah Massal

JAKARTA, TrijayaNews.id – Sebuah studi mengenai kepemilikan senjata nuklir belum lama ini dilakukan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI). China dan India merupakan dua negara dengan pengembangan senjata nuklir terbesar.

Dilansir dari India Today, Selasa (16/6/2020), hasil penelitian SIPRI yang dirilis pada Senin (15/6/2020) kemarin menunjukkan India mengalami peningkatan dalam kepemilikan senjata nuklir dari tahun lalu dari 130-140 senjata menjadi 150 senjata nuklir di tahun ini.

Menurut analisa SIPRI, Pakistan juga memiliki senjata nuklir tergolong banyak yakni 160 buah hingga bulan keenam 2020.

“Pemerintah India dan Pakistan keduanya sudah membuat pernyataan mengenai misil-misil mereka tetapi tidak memberikan informasi mengenai status atau ukuran dari persenjataan mereka,” demikian pernyataan dari SIPRI dalam laporannya.

“India menghabiskan 71,1 miliar dolar Amerika Serikat menempatkan mereka menjadi negara yang paling banyak menghabiskan dana dalam pengembangan senjata nuklir,” lanjut isi laporan.

China masih menjadi negara dengan senjata nuklir terbanyak, sejak Januari lalu negeri Tirai Bambu sudah menambah 20 hulu ledak nuklir sehingga jumlahnya menjadi 320 senjata nuklir.

Sementara Korea Utara yang selama ini mengklaim gencar melakukan uji coba senjata dilaporkan memiliki 30-40 senjata pemusnah massal.

“Sejak awal 2020, sembilan negara–Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, China, India, Pakistan, Israel dan Korea Utara–memiliki kira-kira 13.400 senjata nuklir, yang mana 3.720 diantaranya diletakan untuk operasi pertahanan. 1.800 lainnya disiapkan untuk peringatan operasional tingkat tinggi,” lanjutan isi laporan.

Kelompok peneliti asal Swedia itu menjelaskan Beijing saat ini tengah memodernisasi persenjataan nuklirnya secara signifikan. Mereka disebut sedang mengembangkan triad nuklir untuk menciptakan pesawat bertenaga nuklir maupun rudal baik yang berbasis di darat maupun laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved