Sabtu, Agustus 13, 2022

Bali Sepi, Mensos Berharap Bansos Gairahkan Pariwisata Pulau Dewata

JAKARTA, TrijayaNews.id – Menteri Sosial Juliari P. Batubara tak kuasa menyampaikan keprihatinannya setelah menyaksikan suasana lengang di berbagai sudut Pulau Bali. Ia berharap, berbagai bantuan sosial yang dikucurkan pemerintah, efektif menggairahkan kembali industri wisata di Pulau Dewata.

Mensos menyampaikan hal tersebut dalam kunjungan kerjanya di Bali, Jumat (21/08). Ia menyatakan, pandemi telah memukul hampir semua negara, termasuk Indonesia. Semua sektor mengalami penurunan, termasuk sektor wisata di Bali.

“Puluhan tahun saya mengenal Bali, baru kali ini saya melihat Bali sesepi ini. Ini konsekwensi kita membatasi perjalanan wisata, termasuk wisatawan asing. Kalau dibuka begitu saja, konsekwesinya meningkatkan penyebaran virus. Oleh karena itu, dengan berbagai bantuan sosial (bansos) seperti Bansos Tunai (BST), diharapkan menggairahkan perekonomian di Bali,” kata Mensos Juliari di Jakarta (23/08).

Jumat kemarin (21/08), ia mengecek penyaluran BST dan Program Sembako di Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem, Bali. Sektor wisata Bali yang terpukul pandemi, menjadi perhatiannya.

Ia menekankan, pandemi tidak bisa dipastikan kapan akan berakhir. Selama vaksin belum ditemukan, situasi seperti ini akan terus dihadapi. Untuk mengatasi hal ini, katanya, pemerintah terus meningkatkan dukungan dan bantuan kepada masyarakat.

“Selain berbagai bansos dari Kementerian Sosial, bantuan juga diberikan oleh kementerian lain. Seperti bantuan langsung tunai (BLT) kepada karyawan non-PNS yang bergaji di bawah Rp5 juta, sebesar Rp600 ribu. Ini di bawah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kemudian juga ada BLT bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang disalurkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM,” katanya.

Mensos Juliari mengingatkan, berbagai program jaring pengaman sosial (JPS) tersebut, bisa berjalan baik bila ada kerja sama dengan mitra Kemensos, seperti PT Pos, dan juga yang tak kalah penting adalah peran pemerintah daerah. “Mudah-mudahan berbagai program JPS ini membantu menggairahkan industri pariwisata di Bali. Kuncinya adalah kerja sama dan koordinasi yang baik, terutama dengan pemerintah,” katanya.

Baca Juga :   Sambangi KPK, Mensos Berkomitmen Patuhi Prinsip-Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran

Ia gembira karena Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Karangasem, dan secara umum semua pemerintah daerah, memberikan kerja sama yang baik. “Saya ingatkan, sejalan dengan arahan Bapak Presiden, agar permasalahan di lapangan segera diselesaikan di lapangan,” katanya.

Dalam kesempatan bertemu dengan Bupati Klungkung dan Bupati Karangasem, Mensos juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung dengan berbagai program yang membantu lapisan masyarakat yang paling terdampak di Bali.

Di Provinsi Bali penerima BST sebanyak 99.653 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia dan 8.960 KPM dengan penyalur Himbara tersebar di 9 Kabupaten/Kota. Kemudian penerima bantuan Program Sembako sebanyak 179.769 KPM, tersebar di 9 Kabupaten/Kota.

Untuk Kabupaten Klungkung, jumlah penerima BST 7.718 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia dan 458 KPM dengan penyalur Himbara. Total BST Kabupaten Klungkung senilai Rp2.452.800.000/bulan. Jumlah Penerima Program Sembako Kabupaten Klungkung sebanyak 10.235 KPM dengan nilai bantuan Rp2.047.000.000/bulan.

Untuk Kabupaten Karangasem, jumlah penerima BST 6.710 KPM dengan penyalur PT Pos Indonesia dan 538 KPM dengan penyalur Himbara, dengan nilai total BST Rp2.174.400.000/bulan. Penerima Program Sembako Kabupaten Karangasem sebanyak 10.235 KPM dengan nilai bantuan Rp2.047.000.000/bulan.

Dengan bansos diharapkan mendukung dan menggerakkan ekonomi lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi setempat, sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan akibat pandemi Covid-19. Dalam hal ini tentu saja menggairahkan sektor pariwisata di Bali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

BEIJING, TrijayaNews.id - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved