Minggu, Juli 14, 2024

16 Studio Game Wakili Indonesia di Pameran Game Terbesar Gamescom 2020

JAKARTA, TrijayaNews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan 16 studio game yang berhak mewakili Indonesia dan mendapat fasilitasi mengikuti Devcom Digital Conference, sub-event dari Gamescom 2020 pada Agustus 2020.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti, dalam keterangannya Senin (20/7/2020) mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) membuka program fasilitasi bagi perusahaan game Indonesia untuk berpartisipasi dalam Gamescom 2020 pada Juli 2020.

Setelah melalui proses kurasi selama dua tahap, akhirnya ditetapkan 16 studio game yang akan menjadi wakil Indonesia di ajang pameran game terbesar di Eropa yang tahun ini digelar secara daring karena pandemi COVID-19.

“Keenam belas studio ini berkesempatan untuk memamerkan karya terbaru mereka dalam virtual booth Paviliun Indonesia. Peserta cukup beragam dan semua memiliki kualitas baik. Mereka memiliki keunggulan dari komponen penilaian dan memiliki nilai jual. Selanjutnya, kami akan membekali mereka agar dapat tampil maksimal di Devcom Digital Conference 2020,” kata Yuana Rochma Astuti.

Tidak terbatas dalam memamerkan karya, perusahaan game lokal juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti MeetToMatch – The Online Cologne Edition yang akan memperbesar peluang mereka mendapatkan transaksi bisnis dari perusahaan game internasional.

“Mereka berkesempatan untuk menjalin transaksi bisnis dengan perusahaan-perusahaan mancanegara yang juga berpartisipasi dalam ajang Devcom Digital Conference 2020,” ujar Yuana.

Data Survei Ekonomi Kreatif pada 2016 menyebutkan bahwa subsektor aplikasi dan pengembang permainan menyumbang 1,86 persen dari PDB Ekonomi Kreatif atau setara dengan Rp17,142 miliar. Melalui fasilitasi ini diharapkan dapat mendukung pengembang game Indonesia bersaing di pasar global.

Baca Juga :   Ilmuwan Ingin NASA Kunjungi Venus Sebelum Mars

CEO dari GameChanger Studio sekaligus perwakilan dari tim kurator Riris Marpaung mengatakan, terkait game-game yang masuk ke daftar calon peserta hingga terpilih menjadi peserta Gamescom 2020 cukup membuat juri bekerja keras melihat berbagai hal terkait game tersebut. Tidak hanya hal-hal teknis seperti gameplay dan visual art yang harus dinilai, namun juga kesiapan teknis, mental dan strategi peserta atau developernya untuk mengikuti ajang bergengsi dunia ini.

“Harapan kami para peserta mendapatkan target yang telah ditetapkan dan hasil dari Gamescom ini berdampak positif bagi game yang dipamerkan. Tidak hanya itu, berbagai game terbaik yang telah terpilih akan menunjukkan kualitas dan posisi game Indonesia di mata global,” lanjutnya.

Berikut daftar 16 studio yang akan menjadi wakil Indonesia di Gamescom 2020 – Devcom Digital Conference 2020, terdiri dari 7 studio yang lolos dari open call dan 9 studio yang lolos dari program GELORA 2020.

Daftar studio yang lolos dari open call:
1. Agate (https://agate.id)
2. Lytogame (https://www.lytogame.com/)
3. Assemblr (https://assemblrworld.com/)
4. Gambir Studio (https://gambirstudio.com/)
5. Freemergency (https://freemergency.weebly.com/)
6. Big Fire Studio (https://miraclegates.com/)
7. Maulidan Games (http://maulidangames.com/)

Sedangkan berikut ini adalah daftar studio yang lolos dari program GELORA 2020:
1. Megaxus Infotech (https://www.megaxus.com/)
2. Yayasan Teknologi untuk Indonesia (https://solveeducation.org/)
3. Educa Studio (https://www.educastudio.com/)
4. CIAYO Games (https://games.ciayo.com/)
5. Wisageni Studio (https://www.wisageni.com/)
6. GINVO Studio (https://ginvostudio.com/)
7. Anoman Studio (https://anomanstudio.com/)
8. SLAB Games (http://slabgames.com/)
9. Arsanesia (http://arsanesia.com/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Ketum Dekopin: Kalau Pemerintah Berikan TKDN 40 Persen Mestinya Koperasi Diberikan Tempat

  TrijayaNews.id, Jakarta - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno, di antara sambutannya pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), 12 Juli 2024...

HUT Ke-77 Koperasi, Dekopin Tekankan Modernisasi dan Kemandirian Koperasi

JAKARTA, TrijayaNews.id - Koperasi merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia yang memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi masyarakat, khususnya di pedesaan. Koperasi...

Dalam Rangkaian HUT Koperasi ke 77 Keberpihakan Pemerintah Terhadap Koperasi Masih Dipertanyakan

Trijaya.id, Jakarta - Keren tema peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 77, yakni “Koperasi Maju Indonesia Emas”. Ada makna luar biasa. Faktanya, koperasi menurut...

Meriah Peluncuran dan Pentas Apresiasi Buku Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina

Trijayanews.id, Purwokerto - Peluncuran dan pentas apresiasi buku berjudul Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina, bertempat di Lantai 2, Arpusda Kabupaten Banyumas, Jalan Jenderal Gatot...

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved