Rabu, Agustus 17, 2022

Google Perluas Cek Fakta Lewat Pencarian Gambar

CUPERTINO, TrijayaNews.id – Google akan mulai menunjukan label pemeriksaan fakta pada hasil pencarian gambar, Google Images. Ini akan dilakukan secara global menyusul tekanan yang ada untuk memerangi penyebaran misinformasi secara online.

Raksasa mesin pencarian ini akan menampilkan label “cek fakta” di bawah thumbnail yang muncul dalam hasil pencarian gambar bersama dengan ringkasan temuan cek fakta pihak ketiga, seperti yang telah dilakukan pada mesin pecari dan pada Google News, demikian dikutip dari Reuters, Rabu (24/6/2020).

Google mulai menunjukkan label cek fakta pada pengguna di AS untuk platform videonya Youtube pada April lalu dalam upaya untuk mencegah penyebaran misinformasi terkait virus corona, yang meledak di media sosial ketika pandemi semakin intensif.

Raksasa teknologi tersebut beberapa tahun terakhir juga telah menghadapi lebih banyak aduan terkait misinfomasi.

YouTube telah memunculkan tautan ke sejumlah sumber, seperti Encyclopedia Britannica dan Wikipedia, untuk mengatasi hoax sejak 2018, namun dalam pengumumannya pada April, Youtube akan mulai mengarahkan upaya-upaya menuju berita yang bergerak lebih cepat.

Tak lama setelah itu, Youtube membersihkan video “Plandemic” yang sangat viral, yang menayangkan konten teori konspirasi tentang pandemi.

Twitter dan Facebook juga telah memperkenalkan program cek fakta dan label peringatan untuk “media yang dimanipulasi,” meskipun para kritikus mengatakan langkah tersebut terlalu terbatas cakupannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Bank Berkapasitas Global, Ini Strategi BNI

Jakarta, TrijayaNews.id - Direktur Corporate Banking BNI Silvano Rumantir mengakan, BNI memiliki DNA sebagai corporate banking yang aktif dan mendukung ekspansi nasabah korporasi hingga...

BNIDirect Catatkan Volume Transaksi Lebih Rp2.500 Triliun

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, (BNI kode saham: BBNI) terus berinovasi dengan memberikan kemudahan kepada para nasabah. Hal ini  menjadi...

SMESCO Indonesia Gandeng PT Jaya Hotel Lestari Pulihkan Ekonomi Melalui Sektor Perhotelan

Tangerang, TrijayaNews.id – Direktur Bisnis SMESCO Indonesia Wientor Rah Mada menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT. Jaya Hotel Lestari atau Episode Hotel...

BNI Gandeng Indomaret untuk Perkuat Ekosistem Cashless

Jakarta, TrijayaNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat ekosistem cashless society guna memaksimalkan potensi pemulihan ekonomi. Kali...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved