Minggu, Juli 14, 2024

Google Play Store Delete 25 Aplikasi Berbahaya, Cek Ponsel Anda Sekarang!

MOUNTAIN VIEW, TrijayaNews.id – Google Play Store merupakan rumah bagi jutaan aplikasi yang menjadikan ponsel kita berguna dalam banyak hal. Google melakukan yang terbaik untuk memastikan tidak ada aplikasi berbahaya di toko aplikasinya, tapi beberapa di antaranya tetap lolos.

Untungnya, Google bukan satu-satunya perusahaan yang mencari aplikasi jahat. Perusahaan Cybersecurity Evina juga mencari dan menguji aplikasi untuk malware apa pun yang mungkin bersembunyi di dalam.

Baru-baru ini, lapor Giz China, mereka mengunggah daftar 25 aplikasi yang mencuri kredensial Facebook pengguna. Aplikasi telah dihapus dari Google Play Store, tapi jika Anda mengunduhnya di perangkat, maka sudah saatnya untuk menghapus dari perangkat.

Google Play Store Delete 25 Aplikasi Berbahaya, Cek Ponsel Anda Sekarang!

Daftar berisi aplikasi dengan fungsi yang sangat berbeda, mulai dari permainan kartu, manajer file, penghitung langkah, bahkan aplikasi senter. Bila digabungkan, maka mereka telah mengumpulkan lebih dari 2 juta unduhan dan semuanya berisi kode berbahaya yang sama.

Baca Juga :   Kemenristek/BRIN Kenalkan 5 Ventilator Inovasi Indonesia

Cara kerja malware adalah dengan menunggu pengguna meluncurkan aplikasi yang dibuat oleh Facebook. Kemudian, aplikasi jahat dengan cepat membuka tab browser baru dengan halaman login Facebook palsu dan menampilkannya di atas aplikasi yang awalnya diluncurkan.

Pengguna kemudian akan memasukkan rincian login Facebook mereka dan malware akan menyalinnya dan mengirimkannya ke server yang ditentukan. Jelas, pengguna yang mengerti teknologi kemungkinan akan melihat switcheroo dan tidak akan jatuh untuk trik itu, tetapi anak-anak atau orang tua yang menggunakan ponsel Android untuk pertama kalinya akan dengan mudah mengikuti dan membuat akun Facebook mereka dikompromikan.

Itulah mengapa penting untuk selalu memastikan aplikasi yang Anda instal adalah sah. Untuk memastikannya, Anda dapat membaca komentar dari para pengguna yang sudah meng-instal-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Ketum Dekopin: Kalau Pemerintah Berikan TKDN 40 Persen Mestinya Koperasi Diberikan Tempat

  TrijayaNews.id, Jakarta - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno, di antara sambutannya pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), 12 Juli 2024...

HUT Ke-77 Koperasi, Dekopin Tekankan Modernisasi dan Kemandirian Koperasi

JAKARTA, TrijayaNews.id - Koperasi merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia yang memiliki peran strategis dalam memperkuat ekonomi masyarakat, khususnya di pedesaan. Koperasi...

Meriah Peluncuran dan Pentas Apresiasi Buku Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina

Trijayanews.id, Purwokerto - Peluncuran dan pentas apresiasi buku berjudul Sepanjang Jalan Kenangan ke Palestina, bertempat di Lantai 2, Arpusda Kabupaten Banyumas, Jalan Jenderal Gatot...

Mahasiswa LSPR Perkenalkan Keberagaman Budaya Kampung Seni Edas Bogor Melalui “Pesta Edas”

Trijayanews.id - Mahasiswa/i semester 6 Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Jakarta dari kelas PRDC25-1SP mengadakan acara “Pesta Edas” yang bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman budaya...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved