Kamis, November 28, 2024

Cegah Penyebaran COVID-19 dengan Menerapkan Protokol Kesehatan di Mal

JAKARTA, TrijayaNews.id – Bagi sebagian orang, pergi ke pusat perbelanjaan seperti Departement Store atau mal menjadi salah satu kegiatan yang menghibur. Selain itu, berkunjung ke pusat perbelanjaan juga sekaligus dilakukan guna memenuhi kebutuhan atau sekedar makan bersama dengan keluarga dan kolega.

Di bukanya kembali fasilitas publik tentunya memiliki risiko penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Untuk mengurangi risiko tersebut, pemilik toko dan manajemen mal menerapkan protokol kesehatan yang tepat.

“Sejak dibuka tanggal 23 juni, kami sudah melakukan protokol kesehatan. Semua orang yang masuk ke toko dipastikan suhu badannya dibawah 37.3 derajat. Meskipun sebelum masuk mall sudah dicek, namun kami tetap mengecek kembali suhu pengunjung sebelum masuk toko dan wajib mengenakan masker jika tidak pakai masker tidak diperbolehkan masuk kedalam toko,” ujar Christina saat melakukan dialog melalui ruang digital di Media Center Gugus Tugas Nasional, Minggu (12/7).

“Selain itu di dalam toko disediakan hand sanitizer dan menerapkan sistem cashless dengan menggunakan kartu kredit dan dompet elektronik untuk meminimalisir pertukaran uang yang menjadi salah satu sumber penularan,” lanjutnya.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, para pegawai toko pun sebelumnya telah melakukan rapid test agar bisa kembali bekerja dan menggunakan masker ketika bekerja.

“Untuk pegawai telah melakukan rapid test dan konsultasi dokter yang ditanggung oleh perusahaan, selain itu juga menggunakan masker dan face shield ketika bekerja,” ucapnya.

Christina yang memiliki enam toko di berbagai daerah di Indonesia ini menambahkan, kebersihan toko juga sangat diperhatikan dengan melakukan pembersihan lebih sering dari biasanya dengan membersihkan toko sehari tiga kali.

Lebih lanjut ia menganjurkan kepada para pengunjung untuk berbelanja secara online untuk menghindari kerumunan.

“Sekarang kami lebih mendorong masyarakat untuk membeli secara online dan berbelanja dari rumah dengan memberikan promo dan fasilitas agar lebih tertarik belanja melalui online. Promosi gratis pengiriman ketika berbelanja dengan harga tertentu dan dengan pengiriman ojek online agar barang lebih cepat sampai ke pembeli,” katanya.

Baca Juga :  Inilah Syarat Sekolah Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka di Wilayah Zona Hijau

Sementara itu pada kesempatan yang sama Zainah Fitriah yang merupakan anggota Junior Doctors Network Indonesia menjelaskan pengalamannya memasuki mal saat pandemi, penerapan protokol kesehatan di mal sudah cukup baik dan ada yang mengawasi serta menegur para pengunjung.

“Mal di jakarta protokolnya sudah bagus sekali, saat masuk harus menggunakan masker dan mengecek suhu terlebih dahulu serta menggunakan hand sanitizer. Satpam pun sangat aktif ketika ada pengunjung yang berkerumun langsung menegur dengan sopan,” ucap Zainah.

Tak lupa ia berpesan agar untuk selalu menggunakan masker sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Masker (adalah) pelindung diri kita, jadi wajib terus dipakai. Dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan kita dapat membantu memutus mata rantai pandemi ini,” lanjutnya.

Kemudian ia mengingatkan agar rajin menganti masker dalam satu hari, selain itu pengguna face shield dianjurkan untuk mengganti selama enam jam.

“Masker kain paling lama empat jam sekali diganti, dikarenakan masker kain akan menjadi basah dan lembab kemudian dapat menimbulkan jamur. Untuk face shield digunakan maksimal enam jam, tetapi tergantung dengan kondisi disekitar anda, jika berada didaerah yang sangat rawan lebih baik membawa face shield pengganti tau dicuci terlebih dahulu.

Zainah yang merupakan salah satu dokter di RS Wisma Atlet mengajak kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap COVID-19.

“Kita harus tetap mawas diri dan sadar diri, musuh kita ini adalah sesuatu yang tidak bisa kita lihat jadi kita harus waspada. Jaga diri sendiri dan lingkungan serta sayangi keluarga kita setelah kita pulang langsung mandi dan pakaiannya langsung dicuci sebelum berkumpul dengan keluarga,” pungkasnya.

Baca Juga :  Presiden: Turunkan Angka Kematian, Tingkatkan Angka Kesembuhan, dan Kendalikan Laju Penularan Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Perkuat Komitmen sebagai Agent of Development, BNI Gandeng Batumbu Perluas Akses Pembiayaan bagi UMKM

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, terus memperluas jangkauan pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjalin...

Koperasi Konsumen Bank Nagari jadi Role Model Holdingisasi Koperasi, Tandas Wamenkop

Trijayanews.id, Padang - Kinerja Koperasi Konsumen Keluarga Besar (KSUKB) Bank Nagari, yang dinilai sukses mengembangkan skala bisnis koperasi dalam ekosistem holding. Mendapatkan apresiasi dari...

BNI Perluas Layanan untuk Diaspora Indonesia di Belanda melalui Implementasi KMILN

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Kementerian Luar Negeri Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik mengadakan sosialisasi, dan...

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan, sebagai Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards...

BNI Optimalkan Layanan Digital untuk Permudah Nasabah Manulife Bayar Premi

Trijayanews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat inovasi layanan digitalnya dengan menggandeng Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia)....

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved