Rabu, Agustus 10, 2022

Target Penyaluran KUR 2021 Naik Menjadi Rp 253 Triliun

Selain naikan plafond KUR, pemerintah juga kembali berikan stimulus tambahan subsidi bunga KUR pada masa Covid-19 tahun 2021 3 persen hingga 30 Juni 2021.

Yogyakarta, TrijayaNews.id – Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Eddy Satriya mengungkapkan, pada acara ”Sosialisasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Usaha Mikro” di Kota Yogyakarta dan sekitarnya, Jumat (9/4). Pemerintah tahun ini kembali menunjukkan keberpihakannya kepada pelaku UMKM dan koperasi dengan meningkatkan target penyaluran KUR menjadi Rp253 triliun dari target yang ditetapkan sebelumnya pada 2021 sebesar Rp220 triliun.

Lanjut Eddy tidak hanya itu, pemerintah juga kembali memberikan stimulus tambahan subsidi bunga KUR pada masa Covid-19 tahun 2021 sebesar 3 persen hingga 30 Juni 2021. Masih kata dia, realisasi penyaluran KUR Provinsi DI Yogyakarta sampai dengan 5 April 2021 berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) sebesar Rp1,17 triliun kepada 32.882 debitur.

“Dengan potensi besarnya penyaluran KUR ini, tentunya akan bermanfaat dan memberikan dampak positif yang dapat dirasakan seluruh pelaku koperasi dan UMKM di Yogyakarta,” tandasnya.

Eddy pun berharap semua pihak yang terkait dapat berperan aktif dalam program KUR. Diantaranya, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, Kabupaten/Kota, dengan menyiapkan calon debitur yang potensial untuk mengakses KUR dan mengapload calon debitur tersebut ke SIKP, agar dapat diakses para penyalur KUR.

“Selain itu melakukan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM untuk mengakses KUR maupun pasca menerima KUR,” harapnya.

Masih lanjut Eddy, dinas terkait juga diharapkan melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KUR di wilayahnya.
“Penyalur KUR diharapkan dapat berkomitmen untuk mencapai target dalam penyaluran KUR dan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat untuk mempercepat penyaluran KUR,” tukasnya.

Sementara pihak penjamin KUR diharapkan dapat membantu UMKM dalam hal keterbatasan agunan yang dimiliki UMKM.

KUR 2020

Eddy menjelaskan, tahun 2020, pemerintah memberikan dukungan akses pembiayaan untuk UMKM melalui program KUR dengan target sebesar Rp190 triliun. Dalam rangka percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, pemerintah memberikan relaksasi dan stimulus tambahan subsidi bunga KUR sebesar 6% sampai dengan 31 Desember 2020 (sehingga suku bunga menjadi 0%).

Baca Juga :   Festival UMKM Inovatif dan Kreatif Diharapkan Tingkatkan Daya Saing UMKM Indonesia

Selain itu, pemerintah juga menambahkan skema KUR Super Mikro yang tidak mensyaratkan agunan tambahan untuk plafon KUR sampai dengan Rp10 juta yang diprioritaskan bagi pelaku UMKM dari pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja dan Ibu Rumah Tangga.

Realisasi Penyaluran KUR tahun 2020 sebesar Rp197,04 triliun (103,7% dari target awal tahun 2020 sebesar Rp190 triliun) dan diberikan kepada 6,11 juta debitur

Rinciannya, KUR Super Mikro sebesar Rp8,725 triliun kepada 992.845 debitur, KUR Mikro sebesar Rp129,743 triliun kepada 4.804.309 debitur, KUR Kecil/khusus sebesar Rp58,192 triliun kepada 301.508 debitur, KUR TKI sebesar Rp380,53 miliar kepada 13.396 debitur.

“Realisasi penyaluran KUR Provinsi DI Yogyakarta tahun 2020 sebesar Rp4,07 triliun kepada 122.720 debitur,” pungkas Eddy.

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

BEIJING, TrijayaNews.id - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved