Senin, April 15, 2024

Dukung Program Ketahanan Pangan, Menteri Edhy Bantu Benih dan Kolam Bioflok ke Seskoal

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan dukungan atas program ketahanan pangan yang digalakkan TNI AL di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir, Jakarta Selatan. Dukungan yang dimaksud berupa pemberian benih ikan bandeng untuk kolam-kolam bioflok yang ada di Seskoal.

JAKARTA, TrijayaNews.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan dukungan atas program ketahanan pangan yang digalakkan TNI AL di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Cipulir, Jakarta Selatan. Dukungan yang dimaksud berupa pemberian benih ikan bandeng untuk kolam-kolam bioflok yang ada di Seskoal.

Setidaknya ada 24 unit kolam bioflok di markas TNI AL tersebut, dengan diameter masing-masing 3 meter. Ikan yang dipelihara beragam, seperti patin, lele, nila, hingga mujair.

“Adanya bioflok di Seskoal ini bagus sekali. Hari ini kita serahkan 500 ekor benih patin untuk mendukung program di sini,” terang Menteri Edhy di sela-sela peninjauan bioflok di Markas Seskoal, Senin (27/7/2020).

Selain benih patin, KKP juga akan memberikan bantuan kolam yang jumlahnya serupa dengan saat ini, yakni 24 unit. Bantuan tambahan ini karena Menteri Edhy melihat kolam-kolam bioflok yang ada terawat dan sudah berhasil panen.

Tujuan lain, Edhy berharap kolam bioflok di Seskoal bisa menjadi bahan belajar bagi para perwira siswa (Persis) untuk selanjutnya dikembangkan ke daerah-daerah tempat mereka bertugas nantinya.

Baca Juga :   Coba Modus Baru, 3 Kapal Ikan Asing Kembali Diringkus KKP di Laut Natuna Utara

“Ini bermanfaat sekali, makanya kita bantu lagi 24 kolam. Yang paling penting setelah dari sini, siswa Persis bisa membawa ini ke daerah-daerah-daerah, ke tengah masyarakat tempat mereka bertugas. Mudah-mudahan bukan cuma ikan tawar, tapi juga budidaya ikan laut,” pungkas Edhy.

Selain benih, Menteri Edhy yang datang ke Seskoal untuk memberikan kuliah umum ini juga menyerahkan bantuan 600 kilogram ikan layang dan 900 pack produk olahan ikan, di antaranya siomay dan nugget.

Sementara itu, Komandan Seskoal, Laksamana Muda Iwan Isnurwanto mengaku manfaat kolam bioflok sangat terasa khususnya di masa pandemi Covid-19. Hasil panen bisa memenuhi kebutuhan internal dan para siswa Seskoal.

“Hasilnya tidak banyak, tapi minimal bisa untuk internal Seskoal. Jadi kita tidak susah-susah mencari keluar,” urainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Strategi Kebijakan Hilirisasi Migas dan Minerba yang Efektif untuk Indonesia

JAKARTA, TrijayaNews.id - Kebijakan hilirisasi minyak dan gas (migas) serta mineral batubara (minerba) menjadi salah satu fokus pemerintah untuk mengoptimalkan sumber daya alam. Selain...

Komunitas Rumah Bunga Matahari Rumah Harapan Rayakan Indahnya Ramadhan bersama teman-teman Disabilitas

Trijayanews.id - Dalam rangka merayakan indahnya bulan suci Ramadhan, hari Minggu 24 Maret 2024 Bunga Matahari Rumah Harapan mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman...

Bank DKI Ambil Bagian dalam Program SERAMBI Bank Indonesia 2024

Direktur Teknologi dan Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono (baris pertama, memegang bendera), disaksikan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank...

Ciptakan Nuansa Baru di Bulan Ramadhan

Jakarta, TrijayaNews.id– Memilih furnitur dan mendekorasi ulang ruangan di rumah bisa menjadi aktivitas seru dan menyenangkan di bulan Ramadhan, terlebih untuk mengisi waktu sambil...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved