Jumat, Agustus 12, 2022

Kasus COVID-19 Bertambah Dua Kali Lipat, Sistem Kesehatan Papua Nugini Beresiko Kolaps

Dalam waktu seminggu, sistem kesehatan Papua Nugini diperkirakan akan mencapai batas kapasitasnya.

PORT MORESBY, TrijayaNews.id – Papua Nugini merupakan salah satu negara di dunia yang berada di antrian terakhir dalam pelaporan kasus positif COVID-19. Namun dalam minggu ini, seketika jumlah kasus positif melonjak dua kali lipat. Hal ini sangat beresiko terhadap sistem kesehtan nasional negara jiran tersebut yang dinilai masih jauh dari layak dalam menghadapi skenario pandemi.

Dari data yang diperoleh dari Worldometer, sampai saat ini (27/07/20200) Papua Nugini telah melaporkan setidaknya 62 kasus positif COVID-19 dengan komposisi 0 kematian dan 11 pasien sembuh. Meskipun jumlah kasus masih relatif sedikit, jumlah ini telah meningkat sebesar dua kali lipat dari 32 kasus positif pada minggu lalu.

Pemerintah Papua Nugini mengkhawatirkan jumlah ini akan terus melaju kencang terutama di ibu kota Port Moresby yang padat. Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa penyebaran virus ternyata lebih besar daripada yang dilaporkan secara resmi. Pemerintah menyatakan bahwa diluar Port Moresby dimana kasus positif sedang melonjak tidak mendapatkan testing yang cukup, bahkan sangat terbatas.

Deputi pengendalian pandemi nasional Papua Nugini, Dr Paison Dakulala, mengatakan bahwa fasilitas isolasi pasien di negaranya yang berada di ibukota akan penih pada akhir minggu ini. “Fasilitas isolasi memiliki kapasitas 72 tempat tidur. Ketika telah mencapai batas kapasitas, kami mungkin akan mempertimbangkan kemungkinan lain, termasuk isolasi mandiri di rumah” Seperti yang dilansir dari The Guardian.

Dari beberapa kekhawatiran yang telah disebutkan, mungkin yang paling ditakuti adalah kemungkinan pekerja kesehatan banyak yang terinfeksi virus corona. Sejauh ini ada dua pekerja kesehatan di rumah sakit Port Moresby yang positif terjangkit virus corona.

Pimpinan rumah sakit Port Moresby, Dr Paki Molumi, mengatakan penanganan pasien telah terdistorsi oleh kekurangan staff dan menekankan semua pekerja kesehatan dari departemen manapun untuk ikut membantu dalam keadaan darurat seperti ini.

Baca Juga :   Pasien Sembuh COVID-19 Naik Jadi 33.529, Kasus Positif Bertambah 1.611 dan Meninggal 52

“Tantangan kami adalah untuk menangani setiap keadaan darurat untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa, dan dalam waktu bersamaan memastikan diri kami dan pasien lainnya aman dari COVID-19” ujar Dr Paki Molumi.

Pemakaian masker di tempat publik sudah menjadi kewajiban di ibu kota, dan kebijakan pembatasan sosial atau social distancing diperkirakan akan resmi diumumkan pada akhir minggu ini, dengan kemungkinan adanya larangan atau pembatasan penggunaan transportasi umum dan institusi-institusi pendidikan.

Berita Terkini

Dari Beijing, Presiden dan Ibu Iriana Bertolak ke Tokyo

BEIJING, TrijayaNews.id – Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Selasa sore,...

Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

BEIJING, TrijayaNews.id – Momen keakraban tampak saat Ibu Iriana Joko Widodo diterima oleh Madam Peng Liyuan istri Presiden Xi Jinping di Villa 15, Diaoyutai State...

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi hingga Isu Kawasan dan Dunia

BEIJING, TrijayaNews.id - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa...

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

BEIJING, TrijayaNews.id - Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li...

KemenKopUKM Hadirkan 20 UKM Sebagai Official Merchandise G20 Indonesia

Jakarta, TrijayaNews.id - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menghadirkan 20 UKM terpilih sebagai official merchandise G20...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved