Jumat, April 19, 2024

Saingi Twitter, Instagram Jadi Sumber Berita Populer untuk Kaum Muda

MENLO PARK, TrijayaNews.id – Instagram bukan hanya mejadi tempat berbagi foto bagi kaum muda, tapi juga mencari berita. Platform berbagi foto di bawah Facebook ini semakin dekati Twitter sebagai sumber berita pilihan.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (17/6/2020), Reuters Institute Digital News Report 2020 menemukan, Instagram melonjak sebagai sumber berita bagi kaum muda antara usia 18-24 tahun. Penggunaan aplikasi berbagi foto untuk berita dilaporkan dua kali lipat sejak 2018.

“Instagram menjadi sangat populer di kalangan orang muda. Mereka benar-benar merespons dengan baik cerita yang diceritakan secara sederhana dan baik dengan gambar visual,” kata penulis utama laporan itu Nic Newman kepada BBC News.

Fitur Instagram seperti IGTV dan Stories dapat berkontribusi pada lonjakannya sebagai sumber berita. Pasalnya, fitur-fitur ini secara visual interaktif.

Menurut temuan laporan, sekitar 11 persen orang menggunakan Instagram untuk berita, yang berada tepat di belakang Twitter (12 persen). Laporan memperkirakan Instagram akan melampaui Twitter dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga :   Instagram Perbolehkan Kreator Jual Produk di Dalam Aplikasi

Terlepas dari itu semua, tentu saja Facebook masih berkuasa atas sumber berita media sosial. Laporan tersebut menunjukkan, 36 persen orang menggunakan Facebook untuk berita mereka.

YouTube dan WhatsApp berada di tempat kedua dan ketiga, dengan masing-masing perolehan 21 persen dan 16 persen pengguna menggunakan platform media sosial tersebut sebagai sumber berita.

Namun, orang-orang masih tidak sepenuhnya mempercayai media sosial sebagai berita yang masuk. Menurut laporan itu, hanya 26 persen orang mengatakan mereka percaya mendapatkan berita dari media sosial.

Sebagai perbandingan, 59 persen responden mempercayai organisasi berita yang kredibel, terutama saat menyangkut informasi coronavirus. Guna memerangi informasi yang salah dan penyebaran berita palsu, platform media sosial telah menerapkan pemberitahuan atau peringatan pengecekan fakta, meminta Anda membaca artikel sebelum membagikannya, dan bahkan chatbot pengecekan fakta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Strategi Kebijakan Hilirisasi Migas dan Minerba yang Efektif untuk Indonesia

JAKARTA, TrijayaNews.id - Kebijakan hilirisasi minyak dan gas (migas) serta mineral batubara (minerba) menjadi salah satu fokus pemerintah untuk mengoptimalkan sumber daya alam. Selain...

Komunitas Rumah Bunga Matahari Rumah Harapan Rayakan Indahnya Ramadhan bersama teman-teman Disabilitas

Trijayanews.id - Dalam rangka merayakan indahnya bulan suci Ramadhan, hari Minggu 24 Maret 2024 Bunga Matahari Rumah Harapan mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman...

Bank DKI Ambil Bagian dalam Program SERAMBI Bank Indonesia 2024

Direktur Teknologi dan Operasional, merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono (baris pertama, memegang bendera), disaksikan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank...

Ciptakan Nuansa Baru di Bulan Ramadhan

Jakarta, TrijayaNews.id– Memilih furnitur dan mendekorasi ulang ruangan di rumah bisa menjadi aktivitas seru dan menyenangkan di bulan Ramadhan, terlebih untuk mengisi waktu sambil...

Berita Terkait

Tentang Kami

Ikuti Kami

Copyright @ 2020 TrijayaNews.id. All right reserved